13 Parpol Yang Mendapat Kursi Di DPRK Aceh Selatan Mengikuti Sosialisasi Tatacara Pencairan Bantuan Keuangan Parpol

Rameune.com - September 15, 2020
13 Parpol Yang Mendapat Kursi Di DPRK Aceh Selatan Mengikuti Sosialisasi Tatacara Pencairan Bantuan Keuangan Parpol
  (Rameune.com)
Penulis

Rameune.com, Tapaktuan – Sebanyak 26 peserta dari 13 Parpol partai Politik yang mendapat kursi di DPRK Aceh Selatan mengikuti sosialisasi Tatacara Pencairan Bantuan keuangan Parpol, selasa (15/09/2020).

Sedangkan Nara Sumber berasal dari Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah Kabupaten Aceh Selatan serta dari unsur Kesbangpol.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Selatan Kamarsyah,S.Sos,MM melalui Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Ahmad Yusra S.Sos, kepada rameune.com,selasa (15/09) mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Pengurus Partai Politik ujarnya.

Juga kabid Ahmad Yusra menyampaikan dalam hal tatacara pencairan dana keuangan Partai Politik serta penggunaannya, berdasarkan ketentuan Pasal 12 Huruf “K” Undang Undang Nomor 2 tahun 2008, tentang Partai Politik yang telah diubah dengan Undang
Undang Nomor 2 tahun 2011 tentang perubahan atas Undang Undang no 2 Tahun 2008 tentang Parpol.

Dalam sosialisasi ini kami mengundang para pimpinan Parpol dan Bendahara Parpol, mereka akan dibekali dengan aturan penggunaan Dana Parpol, sesuai amanah Permendagri nomor 36 tahun 2018, tentang tatacara penghitungan, Penganggaran dalam Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan tertib Administrasi, pengajuan, penyaluran dan Laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan Partai politik.

Ahmad Yusra,S.Sos juga menjelaskan bahwa sosialisasi ini di ikuti oleh 13 Partai Politik yang memperoleh kursi di DPRK kabupaten Aceh Selatan, dan program ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

Karena menurut beliau kadang kadang aturan setiap tahun berubah-ubah termasuk jumlah bantuan yang diberikan juga berubah-ubah imbuhnya. Dia menambahkan jika pada priode 2014-2019 yang lalu jumlah bantuan untuk Parpol dikabupaten Aceh Selatan Rp.3.107 per suara Sah,sementara untuk priode sekarang 2019-2024 setiap Suara Sah hanya memperoleh Rp.2.807, hal ini disesuaikan dengan kemampuan APBK Kabupaten Aceh Selatan.

Acara yang dilaksanakan satu hari penuh yang bertempat di aula Dinas
Pariwisata kab. Aceh Selatan tersebut di buka langsung oleh Kepala Badan KESBANGPOL Aceh Selatan Kamarsyah,S.Sos,MM yang dihadiri oleh undangan lainnya.