38 Layanan Google gratis untuk lebih produktif

Rameune.com - 28 November 2022
38 Layanan Google gratis untuk lebih produktif
  Rameune.com
Bagikan:

Apa jadinya dunia sekarang ini kalau tidak ada Google?

Mungkin dulu orang hanya bergantung pada kebutuhan pangan seperti makanan dan minuman, kebutuhan papan untuk tempat tinggal, dan kebutuhan akan sandang (pakaian).

Tidak pernah terbesit sama sekali bahwa suatu saat kita akan bergantung pada perangkat teknologi. Dan “suatu saat” itu adalah hari ini.

Sadar atau tidak, Google telah banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, bahkan bagi sebagian orang, sangat susah rasanya hidup tanpa Google, termasuk saya.

Aplikasi pesan makanan online dan layanan transportasi virtual seperti Gojek bergantung penuh pada Google. Bayangkan jika mereka tidak menggunakan layanan google maps, mungkin sampai hari ini perusahaan Gojek belum bisa sebesar sekarang.

Anda menemukan artikel ini bisa jadi melalui pencarian google, dan tentunya sudah sering menggunakan mesin pencari ini saat membutuhkan informasi tertentu.

Baiklah, berikut ini ada 40 daftar produk Google yang membantu produktivitas dan meningkatkan pendapatan Anda di internet.

Daftar isi

1. Gmail untuk layanan email yang aman

Tahukah Anda kalau pengguna email saat ini mencapai angka 1,8 miliar di seluruh dunia. Jika di presentasekan ada 32% dari seluruh penduduk dunia memiliki akun Gmail.

Gmail ini juga berperan banyak dalam kemajuan perusahaan-perusahaan besur di dunia. Tercatat lebih dari 5 juta korporasi telah menggunakan layanan G suite, yang didalamnya ada Gmail sendiri, Docs, Sheet, Slides, Drive, Hangout, dan lain-lain. Kita juga akan membahasnya nanti.

Perlu diketahui bahwa, Gmail juga telah mendukung domain pribadi untuk dicustom, misalnya alamat email saya adalah admin@rameune.com, yang saat ini terlogin di Gmail smartphone saya.

2. Google Ads untuk mendapat klien baru

Yang satu ini saya sudah membuktikannya. Sebagai seorang freelancer dalam pengembangan website, saya mendapatkan banyak klien baru melalui periklanan di Google.

Cara beriklan pun sangat mudah dilakukan bahkan bagi orang awam sekalipun.

Google Ads memiliki fitur canggih seperti rekomendasi kata kunci yang tepat untuk kita gunakan sesuai dengan bisnis yang ditarget.

Selain itu, integrasi ke Google Analytics membantu kita melacak tingkat konversi yang berhasil. Tak hanya bisa beriklan di pencaraian Google saja, tapi juga tersedia untuk platform lainnya seperti YouTube.

3. Google Alerts untuk notifikasi terbaru

Layanan Google ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengupdate informasi beradsarkan kata kunci tertentu.

Dengan memasukkan keyword di Google Alerts, nantinya jika ada berita terbaru terkait dengan keyword tersebut akan dikirimkan ke email Anda.

Hebatnya lagi, Anda bisa mengatur intensitas email yang diterima untuk menghindari spam, misalnya anda akan mendapatkan notifikasi seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

Bagi pebisnis juga sangat direkomendasikan menggunakan layanan ini untuk terus memperbarui tren terkini atau strategi terbaru untuk kelangsungan bisnisnya.

4. Google Analytics untuk melacak pengunjung

Ini salah satu tools andalan saya sebagai seorang blogger. Dengan menggunakan Analitycs dari Google, saya jadi tahu halaman website mana yang paling banyak dikunjungi setiap harinya.

Dari hasil ini, saya akhirnya bisa mengembangkan tema tulisan yang disukai oleh pengunjung. Bagi saya, jika Google suatu saat menjadikan Google Analytics sebagai tool yang berbayar, saya juga akan tetap membelinya, hehe.

Selain untuk melihat pengunjung website, Analytics juga bisa digunakan untuk melacak pengunjung aplikasi Android.

5. Google Authenticator untuk keamanan dua langkah

Hari ini kasus peretasan semakin marak dan para hacker semakin pintar dari target mereka. Aplikasi Google Authenticator yang bisa Anda instal di perangkat smartphone sangat berperan penting untuk menghindari peretasan.

Cara kerja Google Authenticator tergolong simpel. Setelah login dengan memasukkan username dan password, Anda diharuskan memasukkan kode 6-digit untuk melakukan verifikasi. Baru kemudian Anda berhasil login. Cara ini sangat ampuh untuk mengamankan akun Gmail atau akun lain yang krusial bagi Anda.

Tidak hanya berfungsi pada layanan Google saja, google Authenticator juga sudah mendukung pihak ketiga. Seperti contohnya, saya membeli hosting di niagahoster, dan saat login saya mengaktifkan verifikasi 2 langkah dengan Google Authenticator agar tidak bisa disusupi oleh pihak lain.

6. Google Bisnis untuk promosi bisnis lokal

Jika Anda mengetikkan “bengkel mobil terdekat”, maka Google akan mengutamakan hasil pencarian berupa lokasi-lokasi bengkel mobil dengan navigasi alamat yang lengkap.

Nah inilah yang disebut dengan Google Bisnis, kita bisa mendaftarkan lokasi bisnis dan orang-orang akan mudah menemukan layanan atau jasa yang kita tawarkan. Disamping itu, jika klien Anda merasa puas, mereka akan memberikan rating dan ulasan yang bagus. Dengan demikian, bisnis Anda akan meningkat di pencarian Google.

7. Pesan Google Bisnis untuk komunikasi dengan calon klien

Setelah mendaftarkan profil google bisnis, Anda bisa menambah bilah pesan untuk melakukan komunikasi secara dua arah. Anda bisa dengan cepat membalas pesan calon klien melalui lokasi yang Anda kelola.

Layanan ini bisa diaktifkan untuk berkirim pesan antara Anda dan calon klien untuk membahas produk yang Anda tawarkan.

8. Google Calendar untuk manajemen waktu dan penjadwalan

Mengatur waktu sama dengan mengatur hidup. Jika kita bisa memaksimalkan waktu yang kita punya, maka semua rencana adalam hidup kan berjalan dengan lancar.

Kini dengan menggunakan kalender digital dari Google, Anda bisa lebih terarah dalam melakukan penjadwalan dan untuk mengingatkan hal apa yang harus Anda kerjakan pada jam atau hari tertentu.

9. Google Chat untuk pesan instan

Jaman sekarang tren bekerja dari rumah (WFH) sangat marak sekali di kalangan bisnis berbasis digital.

Google chat ini bisa kita gunakan untuk melakukan komunikasi antar anggota tim untuk menyelesaikan pekerjaan.

Layanan ini tentunya gratis dan memiliki tampilan yang sederhana, sehingga tidak akan membuat Anda terganggu dan hanya fokus pada percakapan saja.

10. Google Chrome untuk jelajah internet

Siapa yang tidak familiar dengan Google Chrome? Saya rasa Anda membaca tulisan ini menggunakan browser Google Chrome.

Ya, saya sendiri juga menggunakannya untuk menulis, membuat desain website, dan yang terpenting adalah mencari informasi di Google dengan menggunakan browser yang sagat populer ini.

Untuk segi fungsi, Google Chrome memiliki fitur ekstensi yang lengkap, dimana Anda dapat menginstal ektensi yang diinginkan seperti VPN, kamus, pembatasan iklan, dan ribuan ekstensi gratis lainnya.

11. Google Chrome Remote Desktop untuk koneksi komputer di kantor/rumah

Remote Desktop ini adalah contoh salah satu ekstensi Google Chrome yang sangat bermanfaat. Anda bisa mengontrol PC dari jarak jauh, misalnya saja jika Anda sedang pergi berlibur dengan keluarga, tiba-tiba rekan kantor Anda ingin melihat file presentasi yang telah Anda siapkan.

Maka, Anda bisa melakukan remote dari jarak jauh tanpa menekan langsung tombol power komputer di kantor/rumah Anda. Sangat powerful sekali bukan?

12. Looker Studio untuk laporan secara interaktif

Dahulu namanya Google Data Studio, Looker Studio kini bisa Anda gunakan untuk membuat atau melihat laporan statistik bisnis.

Memiliki desain yang profesional dan Anda bisa menghubungkannya dengan produk Google lainnya seperti Spreadsheet, Google Analytics dan layanan lainnya dalam satu platform.

Produk Google bisnis yang satu ini sangat berguna bagi Anda yang terjun di bidang bisnis untuk sekedar mendapatkan insights atau merefleksikan perusahaan Anda kedepan melalui statistik yang disajikan.

13. Google Digital Garage untuk belajar skill baru

Merasa stuck dengan skill yang sekaang Anda miliki? Ingin memiliki keterampilan baru yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini?

Maka Anda bisa mencoba Google Digital Garage untuk menjawabnya. Bekerjasama dengan perusahaan besar seperti Coursera dan Future Learn, Garage membantu Anda melalui kursus yang mereka sediakan untuk menunjang karir.

Setelah mengikutinya sampai selesai, Google juga akan memberikan Anda sertifikat yang bisa digunakan sebagai dokumen untu mendaftar kerja.

Yang lebih istimewa lagi, Anda tidak perlu membayar sepersen pun untuk mendapatkan kursus ini. Cukup login dengan menggunakan akun Google saja.

14. Google Docs untuk mengelola dokumen secara online

Sebagian dari kita mengandalkan Microsoft office untuk membuat atau mengedit dokumen. Nah sekarang Anda bisa melakukan hal ini dengan menggunakan Google Docs. Bagi Anda pengguna desktop, tidak perlu melakukan instal aplikasi di windows seperti office-nya Microsoft.

Tapi cukup dengan mengunjungi situs nya saja dan tinggal buat dokumen yang Anda mau. Hal ini tentunya akan meghemat waktu dan storage pada komputer.

Terlebih lagi, banyak template yang sudah tersedia dan kita hanya perlu mengeditnya. Ini akan sangat membantu kita jika ingin membuat CV, surat lamaran kerja, dan proposal penawaran jasa.

Ohiya, untuk pengguna iOS dan Android juga bisa menginstal aplikasi Google Docs di perangkat mereka.

15. Google Domains untuk registrasi domain

Jika Anda ingin membangun sebuah website, maka domain adalah hal wajib yang harus Anda miliki, disamping hosting. Dimana domain digunakan sebagai nama website Anda dan hosting sebagai fungsi untuk penyimpanan script yang Anda rancang.

Kabar baiknya, Google menyediakan layanan registrasi domain yang bisa kita gunakan. Saat akan membeli sebuah domain, Google Domains juga akan memberikan masukan terhadap nama domain yang akan kita miliki. Misalnya saja jika karakter domain terlalu banyak, maka mereka mengisyararkan kita untuk memperpendek nama domain agar mudah diingat orang.

16. Google Drive untuk penyimpanan dan berbagi file

Google Drive salah satu layanan yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Dengan menggunakan satu akun Google, maka kita bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis. Jika dirasa kurang, kita bisa mengupgrade nya ke paket berbayar.

Selain untuk menyimpan file, Google Drive juga memungkinkan pengguna nya untuk membagi file tersebut ke orang lain. Ini sangat membantu sekali jika Anda bekerjasama dalam satu proyek dengan orang lain dan bisa melakukan update laporan kerja menggunakan tool google yang satu ini.

17. Google Fonts untuk penggunaan font gratis

Pemilihan jenis font sangat berpengaruh ke pengalaman pembaca seseorang di internet. Misalnya saja, jika saya menggunakan bentuk font yang aneh, maka Anda tidak akan melanjutkan membaca artikel pada blog ini.

Google Fonts menyediakan jenis font yang bervariasi dan bisa kita gunakan secara gratis. Font yang ditawarkan pun tentunya memiliki desain yang profesional dan pastinya akan membuat pembaca betah dengan bentuk font yang disajikan.

Montserrat dan Roboto adalah family fonyt dari Google yang sangat populer dan banyak digunakan oleh perusahaan ternama di dunia.

18. Google Forms untuk survei online dan kuesioner

Pernah mendaftar vaksin secara online atau ikut mengisi survei dari lembaga tertentu? Saya yakin Anda pasti sangat familiar sekali dengan Google Forms. Kedua jenis form isian yang saya sebutkan ini bisa dibuat dengan mudah menggunakan Google Forms.

Hasil isian nya pun akan masuk ke akun pembuat form secara real-time. ANda juga bisa meng-custom desain warna pada isian Google Form sesuai dengan keinginan.

19. Google Jamboard untuk membuat ide secara virtual

Google Jamboard adalah whiteboard (papan tulis putih) digital yang bisa digunakan untuk berkolaborasi secara online menggunakan Google Workspace. Layanan ini bisa diakses dengan menggunakan perangkat Jamboard, sebuah whiteboard digital berukuran 55 inchi.

Selain itu juga sudah mendukung dibuka lewat aplikasi mobile dan melalui web browser seperti Google Chrome.

20. Google Keep untuk membuat catatan

Ingin membuat catatan yang lebih terorganisir dan to-do-list yang belum terlaksana? Google keep bisa Anda gunakan secara gratis untuk melengkapi catatan.

Tidak hanya berupa tulisan saja, Anda juga bisa menambahkan background, gambar, dan bahkan peran orang lain untuk mengedit catatan tersebut. Selain itu, juga ada fitur arsip jika Anda tidak membutuhkan catatan itu lagi tapi tetap bisa melihatnya kapanpun.

21. Google Manufacturer Center untuk memaksimalkan branding produk

Kini sebagai pemilik suatu produk, Anda bisa mengukur sejauh mana performa atau kekuatan branding yang dimiliki. Dengan memanfaatkan layanan Google Manufacturer, kita bisa mendapatkan insights dan info tentang kompetitor secara lengkap. Maka besar kemungkinan koversi penjualan produk yang Anda milki akan meningkat.

22. Google Meet untuk video konferensi secara online

Di era transformasi digital sekarang ini, bekerja dari mana saja (work from anywhere/WFA) sudah menjadi tren. Google Meet bisa digunakan sebagai media komunikasi face-to-face di dunia maya. Google Meet menjadi aplikasi video konferensi populer selain Zoom, Skype, dan Facetime.

23. Google Merchant Center untuk para retailer

Jika Anda baru memulai bisnis di internet sebagai pedagang maupun jenis usaha lainnya seperti dropshipper, maka Google Merchant bisa digunakan untuk memberikan informasi ke calon pelanggan.

Layanan google yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengupload info produk atau toko secara lengkap.

Manfaat yang bisa didapat dari tool powerful ini adalah produk yang Anda daftarkan akan ditampilkan pada produk Google lainnya. Ini bisa digunakan secara gratis tanpa biaya sepersenpun tentunya.

24. Google Optimize untuk A/B testing dan optimasi

A/B testing adalah metode pengujian yang digunakan untuk memperoleh pengalaman pengguna dan membandingkan kedua tes tersebut untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Produk yang dahulu bernama Google Website Optimizer ini digunakan untuk pengujian guna memperoleh data yang ada di website kita dan seberapa bagus data tersebut untuk pengunjung website.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan rekomendasi dan tips dari Google untuk mengoptimasi website yang telah dibangun.

25. Google Podcasts untuk memperoleh lebih banyak pendengar

Seiring dengan gencarnya perkembangan teknologi, kini semua orang bebas berekspresi dan berargumen di dunia maya. Salah satu cara agar menjadi influencer dan didengar oleh banyak orang adalah dengan membuat channel podcast.

Di Indonesia sendiri pun kita mengenal nama-nama podcaster besar seperti Deddy Corbuzier. Kini Anda juga bisa mengikuti jejak Deddy di dunia digital.

Google Podcasts Manager adalah tool buatan Google yang sangat powerful sekali utnuk digunakan sebagai wadah untuk memperoleh banyak pendengar bagi para poadcaster.

Apalagi saat orang ingin mencari saluran podcast di Google, maka produk buatan mereka sendiri pastinya lebih diutamakan untuk ditampilkan di hasi pencarian.

26. Google Scholar untuk penelitian ilmiah

Anda tidak seharusnya mempercayai semua tulisan yang ada di internet. Bisa jadi tulisan tersebut ditulis bukan berdasarkan fakta.

Tapi kabar bagusnya, untuk menepis hal tersebut kini Anda bisa memperoleh jurnal yang ditulis berdasarkan hasil penelitian di Google Scholar.

Maka dipastikan informasi yang Anda peroleh akan valid dikarenakan jurnal dibuat dengan pemaparan fakta. Selain itu, Google Scholar juga sangat membantu bagi para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi untuk bahan referensi mereka.

27. Google Search Console untuk mengukur performa pencarian website

Menurut saya, ini adalah tool yang wajib dimiliki oleh pemilik website. Setelah Anda memproduksi konten berupa tulisan, maka Anda pasti menginginkan tulisan tersebut dibaca oleh banyak orang di internet bukan?

Tapi masalahnya, terkadang sebagus apapun artikel yang telah ditulis, tapi masih minim memperoleh ppembaca. Masalah tersebut bisa terjadi karena link artikel belum terindeks di Google.

Maka dengan memanfaatkan fitur dari Google Search Console, kini Anda bisa dengan cepat mengajukan permintaan indeks artikel ke pihak Google.

Selain itu, juga tersedia beberapa laporan penting lainnya jika halaman website Anda terdapat error dan tips lainnya untuk memperoleh pengunjung yang banyak.

28. Google Sheets untuk membuat atau mengedit spreadsheet

Apakah Anda sering bekerja menggunakan pengolah data Excel? Jika iya, maka Google Sheets juga bisa Anda gunakan untuk menghitung menggunakan rumus, membuat tabel dan berbagai fitur penting lainnya.

Untuk aplikasinya sendiri bisa Anda peroleh di Google Playstore atau App Store bagi pengguna smartphone.

Jika ingin mengoperasikan Google Sheets melalui perangkap dekstop, maka Anda bisa mengunjungi situsnya tanpa harus menginstal.

Tentunya ini akan menghemat kapasitas harddisk dan situsnya pun sangat ringan untuk dibuka.

29. Google Sites untuk membuat website sederhana

Belum memiliki modal yang cukup untuk membuat website? Atau tidak memiliki kemampuan koding untuk merancang sistem pada situs? Google Sites bisa Anda gunakan sebagai website builder secara gratis.

Fitur drag-and-drop nya sangat mudah dioperasikan, jadi Anda hanya perlu mengedit bagian tulisan atau warna template nya saja. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan orang lain untuk mengedit website tersebut.

30. Google Slides untuk membuat file presentasi

Google Slides adalah aplikasi yang mirip dengan buatan Microsoft, yaitu PowerPoint. Tapi Anda bisa menggunakan Google Slides secara gratis tanpa harus membeli lisensi seperti PowerPoint.

Sama dengan Spreadsheets, Google Slides tidak harus diinstal pada sistem operasi desktop untuk menjalankannya. Cukup dengan mengunjungi websitenya, Anda bisa membuat file presentasi yang profesional.

31. Google Tag Manager untuk mengelola tag website

Kini hanya butuh beberapa detik untuk mengupdate tag pada website menggunakan Google Tag Manager.

Hanya dengan menambahkan baris code pada website, Anda bisa memantau analitik dan tag untuk pengukuran performa website.

Fitur container berfungsi untuk mengganti kode secara manual dari Google Ads, Analitycs, Floodlight, dan aplikasi pihak ketiga lainnya untuk konfigurasi lebih sederhana secara otomatis.

32. Google Translate untuk penerjemah lebih dari 100 bahasa

Internet kini menghubungkan banyak orang di dunia dengan berbagai latar belakang. Namun apa jadinya jika kita hanya bisa berbahasa Indonesia saja?

Tentunya akan mempersulit jalannya komunikasi dengan orang di negara lain bukan? Nah dengan memanfaatkan Google Translate, Anda bisa tetap terhubung dengan seluruh orang di dunia melalui fitur penerjemahan yang disediakan gratis oleh Google.

Kini tersedia lebih dari 100 bahasa pada situs Google Translate!

33. Google Travel untuk perencanaan kunjungan

Ingin mengingat jadwal keberangkatan pesawat dan lokasi tujuan liburan? Atau ingin memasukkan juga alamat hotel yang akan Anda kunjungi?

Google Travel memberikan fitur itu semua dalam satu tempat. Kini Anda mengelola perencanaan travel secara matang tanpa takut ketinggalan satu jadwal apapun. Google Travel membantu Anda lebih terorganisir dalam mengatur jadwal bepergian atau liburan ke suatu tempat.

34. Google Trends untuk menganalisis potensial pencarian di Google

Selama ini Anda sering mencari sesuatu definisi atau kata kunci di mesin pencarian Google bukan? Tahukan Anda jika ada layanan dari Google yang bisa digunakan untuk mengetahui kata kunci apa saja yang dicari orang dan jumlah pencariannya.

Google Trends bisa menampilkan kueri pencarian secara lengkap dengan penyajian grafik yang mudah dipahami. Tak hanya jenis pencarian di masa lampau, tapi Google Trends juga bisa memprediksi kata kunci apa saja yang akan banyak dicari orang di masa mendatang.

35. Google Voice untuk telponan dan smsan

Ya, Anda tidak salah baca kok! Jika dahulu kita harus membeli sebuah telepon genggam untuk bisa melakukan panggilan suara atau mengirim pesan singkat, kini Google Voice menggantikan peran itu.

Google Voice akan memberikan nomor telpon secara acak yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi. Selain fitur panggilan dan pesan singkat, juga tersedia layanan voicemail yang bisa digunakan untuk mengirim pesan suara di email.

36. Google Web Designer untuk membuat animasi dan elemen menarik

Jika Anda sedang membangun sebuah website dan kekurangan bahan untuk desain, maka Google Web Designer bisa membantu banyak.

Elemen atau icon yang bisa digunakan secara gratis, selain itu juga tersedia template yang bisa diedit. Ini tentunya bisa membantu menghemat waktu Anda dalam menyelesaikan sebuah projek.

Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan sebuah video yang berbasis HTML-5.

37. Waze Ads untuk mendapatkan calon pelanggan terdekat

Sesuai dengan namanya, Ads (iklan) berupa lokasi yang bisa Anda munculkan pada hasil pencarian Google. Sebenarnya sistem Waze Ads ini sama halnya dengan Google Ads, tapi yang membedakannya adalah iklan ini berbasis lokasi (map).

Jadi sangat berpotensi sekali bagi orang terdekat dengan lokasi bisnis Anda ketika mereka mencari jasa yang Anda tawarkan di Google.

38. YouTube untuk berbagi video dan promosi

Pernahkah Anda berpikir kalau YouTube adalah media yang sangat cocok digunakan untuk promosi. Selain memberikan tayangan berupa edukasi ke penonton video, Anda juga bisa menyelipkan promosi berupa produk atau jasa yang Anda tawarkan pada video atau bisa menyematkan link pada deskripsi video yang diunggah.

Kesimpulan

Google kini telah berevolusi secara besar-besaran. Jika dahulu kita mengenal perusahaan ini hanya ahli sebagai mesin pencari, kini Google telah membuat orang di seluruh dunia bergantung pada layanan mereka. Maka tidak heran jika suatu saat Google akan lenyap di dunia maya, jutaan orang di dunia ini akan jatuh bangkrut, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis di internet.

Sumber tulisan: The 40 Best Google Tools For Productivity And Marketing – Search Engine Journal

Bagikan:

1 Komentar pada “38 Layanan Google gratis untuk lebih produktif”

Tinggalkan Komentar