Angkat Ide NgoPi, Mahasiswa UTU Raih Penghargaan Terbaik II Nasional di Ajang SKPP 2020

Rameune.com - December 4, 2020
Angkat Ide NgoPi, Mahasiswa UTU Raih Penghargaan Terbaik II Nasional di Ajang SKPP 2020
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com,  Meulaboh – Nadia Agus Rahayu, Mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) dari Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian berhasil meraih juara kedua dalam penyelenggaraan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Bogor, Jawa Barat (28/11/20).

Karya tulis berjudul Komunitas NgoPI (Ngobrol Pemilu dan Pilkada) Melawan Bahaya Laten Money Politic di Kabupaten Aceh Selatan“ berhasil mengantarkannya sebagai penulis terbaik II dari 49 peserta dari 12 Provinsi.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) berupa pembentukan pusat pendidikan pengawasan pemilu partisipatif yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Republik Indonesia.

Baca Juga:  Komunitas Ruang Baca Gelar Camping Literasi 2020

Mahasiswi kelahiran Aceh Selatan tersebut diutus oleh Panwaslih Aceh Selatan untuk mengikuti SKPP Angkatan III Gelombang III bersama perwakilan 12 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Tenggara, Maluku utara dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nadia berangkat bersama 7 orang peserta lulusan terbaik lainnya yang berasal dari berbagai Kabupaten/kota di Provinsi Aceh untuk mengikuti acara SKPP tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI di Bogor sejak tanggal 16 s/d 30 November 2020. Selama kurun waktu 2 pekan, setiap peserta diberi tugas menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) dalam bentuk karya tulis.

Baca Juga:  Komunitas Taluak Sepanjang Maso (TSM) Semangati RR (18) Terkonfirmasi Covid-19" Ini Kata Anggota DPRK Asel Rajo Evi.

Penugasan tugas tersebut merupakan bagian akhir dari seluruh proses pendidikan. Perencanaan kegiatan pasca mengikuti pendidikan merupakan salah satu indikator keberhasilan peserta dalam mengikuti SKPP.

Nadia dalam karya tulisnya mengangkat ide kratif yaitu NgoPI (Ngobrol Pemilu dan Pilkada). Karya tersebut dipresentasikan dihadapan tim penguji dan 49 peserta lainnya pada Sabtu, 28 November 2020. Adapun Penguji berasal dari TIM Bawaslu RI yakni Daniel Situmorang dan Nunik Susilawati.

Baca Juga:  Jangan Sampai Ketinggalan, ini jadwal Gelombang ke-10 Kartu Prakerja

Dari 49 peserta, diumumkan 3 peserta penulis terbaik. Adapun karya tulis dari Nadia berhasil meraih terbaik II, semantara karya terbaik I dan III masing-masing diraih Anggieta Puspa Kusuma Wijaya dari DIY terbaik dengan Karya Tulis Ilmiah “Perempuan Pesisir Peduli Pengawasan“. Dan Herdyanti Randa Mangiwa asal Sulawesi Utara dengan judul Karya Tulis Ilmiah “Gerakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Peduli Pengawasan di Kabupaten Kolaka)“. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Bagikan:

Tinggalkan Komentar