Baitul Mal Aceh Selatan Salurkan ZIS Kepada Mustahiq Selama Ramadhan

Rameune.com - April 20, 2021
Baitul Mal Aceh Selatan Salurkan ZIS Kepada Mustahiq Selama Ramadhan
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Sejumlah zakat, infaq dan sedeqah yang sudah terkumpul di Baitul Mal Aceh Selatan dari para muzaki baik dari kalangan ASN, para dermawan dan hartawan, BUMN dan BUMD yang berada di wilayah kabupaten Aceh Selatan mulai disalurkan kepada Mustahiq.

Kepala Baitul Mal Aceh Selatan Tgk. H. Ahmad Ibrahim BA, kepada wartawan menyampaikan bahwa, bantuan
yang akan disalurkan selama bulan suci Ramadhan ini antara lain adalah, bantuan santunan anak yatim dan yatim piatu, bantuan operasional TPA dan Balai Seumeubuet, dan bantuan sembako becak.

“Selain program bantuan dari Baitul Mal Aceh Selatan juga ada Bantuan dari Baitul Mal Aceh provinsi Aceh yang insyaallah juga akan tersalurkan kepada mustahiq yaitu bantuan santunan ramadhan dan bantuan biaya pendidikan bagi siswa -siswi SMA/SMK dalam wilayah Aceh Selatan, mahasiswa di tiga kampus di Tapaktuan, khusus untuk bantuan santunan Ramadhan dari Baitul Mal Aceh kami lakukan pendataan untuk memberikan perhatian kepada keluarga Narapida atau keluarga Lapas yang kurang mampu (miskin) yang mana sebagai tulang punggung keluarga (suami) berada dalam penjara di LAPAS kelas II B ranting Tapaktuan,” ucap Tgk.H. Ahmad Ibrahim kepada wartawan di Tapaktuan, Selasa (20/ 4/2021).

Kepala Baitul Mal Aceh Selatan ini merincikan bahwa penerima bantuan santunan Ramadan untuk keluarga napi lapas II B ranting Tapaktuan yang sudah terdata kurang lebih 407 mustahik dan data tersebut sudah dikirimkan ke Baitul Mal Aceh untuk dilakukan pencairan melalui Rekening Bank Aceh Syariah.

Kepala Baitul Aceh Selatan ini juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Baitul Mal Aceh Provinsi Aceh yang sudah berkontribusi dan berkoordinasi baik dengan Baitul Mal Aceh Selatan dalam membantu masyarakat Aceh Selatan terutama masyarakat fakir dan miskin melalui dana Zakat.

“Semoga ke depan terus terjalin kerjasama yang baik dan senergitas dalam memberantas kemiskinan di Aceh khusus kabupaten Aceh Selatan melalui program-program ZIS yang lainnya, kepada pihak Bank Aceh Syariah Cabang Tapaktuan dan Capem unit masing masing kecamatan yang sudah turut membantu mempermudah pelayanan dalam membuka buku rekening Bank Aceh kepada Mustahik, para muzaki, kami doakan semoga harta saudara kian berkah dan bertambah, teruslah salurkan zakat saudara melalui Baitul Mal Aceh Selatan,” pungkasnya.

Sementara itu kepala bagian pengumpulan data Baitul Mal Aceh Selatan, Firdaus menyatakan, data anak yatim dan yatim piatu yang terhimpun tahun ini mencapai 2.621 orang yang sudah diverifikasi dan divalidasi melalui pihak kecamatan dan perangkat gampong dalam wilayah kabupaten Aceh Selatan.

“Masing-masing anak yatim dan yatim piatu tahun ini menerima bantuan ZIS sebesar Rp. 250.000/orang, dan untuk santunan Ramadhan dari Baitul Mal Aceh Provinsi Aceh masing-masing Mustahik menerima Rp. 1.000.000,-/orang,, dan program bantuan lainnya akan terus disalurkan di dalam bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran dan dilanjutkan setelah lebaran sesuai dengan perencaan penyaluran yang telah di Tetapkan di dalam KAK (kerangka Acuan Kerja),” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan ZIS di dalam bulan Ramadhan ini dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bulan suci Ramadhan di masa pandemi covid -19.

Kepala sekretariat Baitul Mal Aceh Selatan, drh. Asrijal Junaidi menyatakan bahwa Baitul Mal Aceh Selatan khusus tahun ini menyalurkan 2 Tahun Zakat, yaitu Zakat tahun 2020 dan Zakat yang terkumpul Tahun 2021 sesuai target PAD yang ditetapkan.

Ia melanjutkan kegiatan penyaluran ZIS tahun ini agak sedikit terlambat hal itu dikarenakan ada perubahan struktur Baitul Mal menurut Qanun Aceh No.10 Tahun 2018 tentang SOTK maka tahun 2021 ini Baitul Mal Aceh Selatan melakukan pembentukan Dewan Pengawas dan Tenaga Profesional di 2 bulan yang lalu.

“Alhamdulilah, dewan pengawas Baitul Mal Aceh Selatan sudah terbentuk, dengan hadirnya dewan pengawas Baitul Mal Aceh Selatan ini tentu lebih membawa perubahan yang luar biasa ke depannya, dan diharapkan potensi ZIS di Aceh Selatan dapat tergali sesuai harapan dan penyaluran ZIS lebih tepat sasaran, kami mengharapkan kepada muzaki untuk terus menyetor dan menyalurkan ZISnya melalui Baitul Mal Aceh Selatan,” ucapnya.

Ia menjelaskan di mulai sejak bulan Februari tahun 2021 Baitul Mal Aceh Selatan sudah mulai melakukan penyaluran yaitu program ZIS komsumtif dan Santunan Fakir Uzur Se-umur hidup se Aceh Selatan, dengan padatnya program kegiatan di Baitul Mal Aceh maka oleh itu para amil Baitul Mal Aceh ekstra jerja keras demi Mustahik.

“Semoga amal baik kita mendapat syafaat dan ridho dari Allah,” tutupnya. (Safdar S)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar