Bantu Pengrajin Eceng Gondok, Dosen Teknik Pertanian USK Aplikasikan Solar Dryer

Rameune.com - 10 August 2021
Bantu Pengrajin Eceng Gondok, Dosen Teknik Pertanian USK Aplikasikan Solar Dryer
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Tanaman eceng gondok umumnya dipandang sebagai tanaman gulma air yang mengganggu dan tidak memiliki manfaat apa-apa selain menjadi masalah. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi masyarakat di Desa Kubu, Arongan Lambalek, Aceh Barat.

Berkat kreatifitas, ketekunan, dan keyakinan, tanaman ini justeru mendatangkan pendapatan dengan nilai ekonomis yang sangat menjanjikan. Ditangan masyarakat kreatif yang ulet, gulma air ini berhasil disulap menjadi berbagai aneka produk kerajinan yang sangat menarik bahkan berhasil menembus pasar domestik hingga ke luar negeri.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Selatan lantik 68 pejabat Eselon II, Eselon III dan Camat

Tanaman-tanaman eceng gondok yang memadati badan sungai, dipanen dan dikeringkan secara konvensional lalu kemudian diolah menjadi beragam bentuk kreasi seperti anyaman tikar, tas, sandal, tempat tisu, serta aneka kraft lainnya.

Untuk membantu peningkatan produktivitas pengrajin, Tim Dosen Teknik Pertanian Fakutas Pertanian Universitas Syiah Kuala yang terdiri-dari: Dr. Devianti, S.TP., MP, Dr. Ramayanty Bulan, ST., M.Si, Dr. Indera Sakti Nasution, S.TP., M.Sc, Dr. Yusmanizar, ST., MP, Dr. Agus Arif Munawar, S.TP., M.Si, Diswandi Nurba, S.TP., M.Si, dan Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc mengintroduksikan penggunaan Solar Driyer sebagai pengganti sistem pengeringan konvensional.

Baca Juga:  Tambang Emas Tradisional Menggamat Kembali Menelan Korban, Pemerintah Asel Diminta Cari Solusi

Menurut Ketua Tim, Dr. Devianti, S.TP., M.P, keunggulan penggunaan alat pengering Solar Driyer ini adalah lebih efektif diaplikasikan meski keadaan cuaca yang tidak menentu.

“Waktu pengeringanpun menjadi lebih singkat sehingga produktivitas pengrajin menjadi lebih tinggi,” kata Devianti, Selasa (10/08/2021).

Kegiatan yang didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) USK ini dilakukan melalui format kemitraan dengan UMKM Kreatif EG-Craft dan turut difasilitasi oleh konsultan Kompak, Dr. Mustafril, S.T., M.Si.

Baca Juga:  Balon Keuchik Lamie Ikrar Pilchiksung Nagan Raya Damai

“Melalui kegiatan ini diharapkan adanya perbaikan teknologi yang mampu meningkatkan efektivitas dan efesiensi pengolahan eceng gondok sebagai aneka produk kerajinan tangan yang lebih berkualitas dan berdaya saing tinggi,” katanya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar