Penerimaan Beasiswa Diploma Aceh Carong 2020

1 min read

Pemerintah Aceh melalui BPSDM Aceh melaksanakan penerimaan Beasiswa Diploma Aceh Carong bagi masyarakat miskin usulan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh Tahun Anggaran 2020.

Pendaftaran akan dilaksanakan sampai 23 Juni 2020 dan dilaksanakan di kabupaten/kota tempat domisili para calon peserta.

Latar Belakang

Dalam rangka mewujudkan program unggulan Aceh Carong, Pemerintah Aceh melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh membuka kesempatan bagi keluarga miskin untuk mendapatkan pendidikan yang layak melalui pemberian beasiswa.

Salah satu program Beasiswa Pemerintah Aceh adalah program beasiswa bagi masyarakat miskin. Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan pendidikan bagi putra-putri Aceh guna pengentasan kemiskinan.

Oleh karena itu, agar program ini berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan, diperlukan adanya pedoman pelaksanaan rekrutmen sesuai dengan kriteria keluarga miskin yang diutamakan telah terdata dalam Basis Data Terpadu (BDT) dimasing-masing daerah Kabupaten/Kota. Adapun tujuannya agar pelaksanaan rekrutmen tepat sasaran dan tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan calon peserta.

Pengumuman resmi pemerintah Aceh

Beasiswa Diploma Aceh Carong bagi masyarakat miskin usulan Pemerintah Kabupaten/Kota ini dipandang penting karena kondisi kemiskinan yang terjadi salah satunyadisebabkan oleh faktor ketidakmampuan ekonomi untuk membiayai pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Diberikannya beasiswa Diploma Aceh Carong bagi masyarakat miskin usulan Pemerintah Kabupaten/Kota merupakan tindak lanjut dari program pemerintah Aceh yang pro terhadap pengentasan kemiskinan sekaligus dapat mengurangi tingkat pengangguran dan konflik sosial masyarakat akibat kemiskinan.

Sehingga sasaran yang diharapkan kepada putra-putri Aceh nantinya menjadi terampil dan profesional serta diserap pada lapangan kerja baik didaerah asalnya maupun regional lainnya.

Mengingat kondisi pandemi COVID-19 dan untuk memenuhi protokol kesehatan maka diharapkan kolaborasi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh dalam melaksanakan rekrutmen calon peserta dari masing-masing daerahnya.

Usulan pemerintah kabupaten/kota

Untuk itu perlu diatur kriteria dan mekanisme yang dijadikan sebagai panduan rekrutmen guna menyeleksi calon penerima beasiswa yangmemenuhi target sekaligus mencegah penyebaran lebih luas COVID-19.

Tujuan

Tujuan penyeleksian calon penerima beasiswa untuk keluarga miskin ini adalah :

  1. Mendukung program visi dan misi Pemerintah Aceh yaitu membangun masyarakatAceh yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat nasional dan regional.
  2. Meningkatkan keterampilan secara terapan dan skill profesional
  3. Pengentasan angka kemiskinan
  4. Mengurangi tingkat pengangguran
  5. Mengurangi kesenjangan pendidikan

Persyaratan dan informasi selengkapnya bisa dilihat pada dokumen berikut ini.

 pandemi-promo.png
Kausar