Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Rameune.com - April 15, 2021
Cara Membuat Google Form dengan Mudah
  
Bagikan:

Dengan aplikasi google form, pihak-pihak yang berkepentingan tidak perlu susah-susah mencetak formulir untuk diisi manual. Mereka tinggal menaruh link formulir, selanjutnya tinggal menunggu responden mengisinya. Nah bagi anda yang mungkin saat ini memiliki kepentingan seperti seperti :

  • Mengerjakan tugas yang membutuhkan responden
  • Membuat event
  • Mencari anggota

Baca Juga: Cara menggabungkan file pdf

Maka artikel ini tepat buat anda karena saya akan membagikan cara-cara membuat google form:

    1. Sebelum form online lewat google ini, anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Maka dari itu jika anda belum memilikinya maka segeralah buat
    2. Selanjutnya apabila anda sudah terhubung dengan akun gmail, buka situs Google Form di alamat docs.google.com. Anda lihat pada pojok kiri atas, akan ada tanda tiga garis . Kliklah pada tanda tersebut.
    3. Dari situ anda akan diarahkan ke berbagai menu-menu antara lain docs, sheets, slides, dan form. Pilihlah menu “forms” dan anda akan dibawa ke template google form. Selain cara manual di atas, anda bisa langsung akses menu “forms” ini langsung lewat docs.google.com/forms/u/0/
    4.  Setelah anda masuk ke halaman “forms”, anda akan disuguhi berbagai jenis template. Template-template ini digolongkan ke dalam fungsinya seperti pendidikan, kerja, ataupun acara pribadi.  Namun jika anda tidak tertarik dengan template-template berornamen tersebut, anda bisa memilih template polos dengan memilih “blank” yang bertanda + (plus)
    5. Setelah anda memilih salah 1 template, sekarang anda bisa memulai untuk menyusun formulir anda sendiri. Pada blok pertama anda akan disuruh untuk mengisi judul Google Form yang anda akan buat. Disusul dengan pendeskripsian dan pendetailan yang berada tepat di bawah bagian judul. Pada blok berikutnya, anda akan menentukan mau seperti apa model dari daftar-daftar pertanyaan yang akan anda buat. Pilihan yang tersedia antara lain :
      • Model  uraian di mana pertanyaan yang anda buat akan dijawab oleh responden dengan menjabarkan atau menjelaskan secara detail pertanyaan anda. Model ini ada 2 macam yaitu isian singkat dan paragraf panjang.
      • Model pilihan ganda /multiple choice. Dengan model ini responden tidak perlu menjawab panjang. Cukup melakukan klik pada pilihan-pilihan yang sudah anda sediakan. Model ini tersedia dalam bentuk lingkaran dan kotak. Apabila anda memilih lingkaran maka saat responden memilih suatu opsi, lingkaran itu akan terisi dengan warna hitam. Sementara apabila anda memilih bentuk kotak, akan terisi tanda centang pada kotak yang dipilih oleh responden. Selain itu ada  ada juga bentuk “dropdown”. Dua bentuk yang saya sebutkan diatas akan menampilkan semua pilihan yang anda sajikan di tiap pertanyaan. Kekurangannya apabila anda perlu menyajikan pilihan dalam jumlah banyak itu akan memboroskan halaman formulir dan membuatnya terlihat tidak rapi. Maka dari itulah bentuk dropdown lebih cocok karena dari sekian banyak pilihan tersaji, yang ditampilkan hanya yang responden pilih. Terdapat juga bentuk yang lebih advance yang menggabungkan dropdown dengan bentuk lingkaran maupun kotak.

      Setelah menentukan model pertanyaan, barulah berikutnya anda bisa mengisikan pertanyaan. Sebagai tambahan anda pada blok  ini anda juga bisa :

      • menambahkan gambar dan video untuk menunjang pertanyaan yang anda ajukan.
      • Menjadikannya tempat responden mengunggah dokumen tertentu.
      • mencantumkan waktu dan tempat.
      • mengelompokkan pertanyaan lebih rapi  dalam kategori tertentu dengan fitur “add section.
    6. Untuk menambahkan pertanyaan, anda bisa gunakan 2 opsi yaitu :
      • Apabila pertanyaan anda bermodel pilihan ganda dan opsi yang anda anda sediakan sama dengan sebelumnya, anda bisa gunakan fitur “duplicate”.
      • Jika pertanyaan anda sudah tidak ada hubungan lagi dengan pertanyaan sebelumnya atau sudah beda model, maka gunakan tanda + yang tersedia di bagian kanan blok pertanyaan tersebut.
    7. Nantinya hasil respon yang telah terisi dapat anda lihat di bagian “responses”. Apabila dibutuhkan google juga menyediakan fitur di mana respon-respon yang telah masuk akan dibuat dalam bentuk spreadsheet. Biasanya fitur ini digunakan untuk mempermudah rekapitulasi respon. Cara menggunakan fitur ini, anda klik simbol persegi panjang hijau. Selanjutnya halaman spreadsheet akan langsung terbuka. Dari sini tiap pertanyaan dan respon yang masuk akan juga tertampilkan pada spreadsheet tersebut.Pada bagian “responses” anda juga akan melihat simbol titik tiga bukan? Jika anda klik pada simbol tersebut, anda akan diberikan beberapa fitur seperti :
      • Mengaktifkan pemberitahuan ke email anda apabila ada respon yang masuk
      • Mengelompokkan respon yang masuk ke spreadsheet yang berbeda
      • Memutuskan link antara google form dengan spread sheet tertentu
      • Mengunduh respon yang telah masuk
    8. Pada bagian “settings” akan terdapat 3 kategori pengaturan berikut :
      a. Pengaturan umum (generals), yang terdapat beberapa pilihan seperti :

        • Collect email addresses, saat anda mencentang pilihan ini maka secara otomatis sistem juga akan memberikan alamat email responden.
        • Response receipts, responden akan mendapatkan salinan form yang telah mereka isi tadi
        • Limit to 1 response, formulir anda hanya dapat diisi oleh 1 akun gmail saja
        • Edit after submit, responden dapat kembali mengedit jawaban yang telah diberikan pada google form anda
        • See summary charts and text responses, responden dapat melihat rekapitulasi respon yang masuk

      b. Pengaturan Tampilan

      • Show progress bar. Pada pilihan ini saat responden mengisi formulir anda, mereka dapat mengetahui sejauh mana mereka telah mengisi.
      • Shuffle question order, mengacak urutan pertanyaan.
      • Show link to submit another response, responden dapat mengisi formulir anda berkali-kali

      c. Pengaturan bila pertanyaan anda berbentuk kuis

      • Anda bisa menentukan apakah nilai akan keluar saat itu juga atau setelah anda koreksi dulu secara manual
      • Responden bisa melihat pertanyaan mana saja yang mereka sudah jawab dengan benar
    9. Setelah semuanya selesai, langkah terakhir dari cara membuat google form ini anda tinggal mengirimkannya. Bisa anda kirimkan eksklusif ke e-mail pribadi responden tertentu. Anda juga bisa bagikan kepada umum lewat share link.
Bagikan:

Tinggalkan Komentar