5 Jurus Jitu Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Rameune.com - 13 April 2021
5 Jurus Jitu Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
  Cara Menghilangkat Jerawat
Bagikan:

Masalah kulit yang sering terjadi pada semua orang adalah jerawat. Ya memang, jerawat bisa menyerang siapa saja apalagi bagi mereka yang mempunyai kulit yang cenderung berminyak dan sensitif. Tentu saja kemunculan jerawat akan sangat mengganggu penampilan dan membuat menjadi kurang percaya diri. Maka tidak heran banyak orang yang menggunakan berbagai macam cara menghilangkan jerawat dengan alami atau dengan obat-obatan khusus jerawat.

Faktor Penyebab Terjadinya Jerawat

Pada dasarnya, jerawat tidak muncul dengan begitu saja. Akan tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat ini. Faktor tersebut bisa berasal dari dalam maupun dari luar. Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, yaitu :

  1. Folikel tersumbat

Folikel merupakan sebuah jaringan berambut yang ada pada kulit. Jika folikel ini tersumbat oleh sebum dan campuran kulit mati maka akan membuat munculnya jerawat yang meradang..

  1. Bakteri

Jerawat bisa muncul dikarenakan bakteri.  Bakteri penyebab jerawat adalah Propionibacterium acnes. Bakteri ini dapat berkembang dan bisa menyumbat folikel rambut yang bisa memicu jerawat. Selain itu, juga bisa menyebabkan terjadinya peradangan.

  1. Hormon

Hormon di dalam tubuh yang tidak stabil bisa menyebabkan terjadinya jerawat. Biasanya ini terjadi pada masa pubertas atau saat mendekati masa haid bagi wanita.

  1. Masa pubertas

Sering kita lihat seseorang baik perempuan dan laki-laki pada masa pubertas sering mengalami jerawat. Hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar. Hal ini karena pada masa pubertas, kulit akan memproduksi sebum yang lebih banyak. Oleh karena itu, jika Anda tidak rajin menjaga kebersihan maka bisa menimbulkan jerawat bermunculan.

  1. Gesekan kulit dengan benda
Baca Juga:  Api Membesar, Lahap 3 Pintu Kios dan Warung Di Rantoe Peureulak Aceh Timur

Jerawat juga bisa muncul karena adanya gesekan kulit wajah. Misalnya saja, terlalu sering menggunakan penutup kepala, pemakaian baju yang terlalu ketat di bagian leher yang bisa menyebabkan jerawat di leher atau sering menggunakan ransel yang bisa menyebabkan terjadinya jerawat pada bagian punggung.

  1. Stres

Faktor psikis juga dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Hal ini karena mempengaruhi semua kerja hormon yang ada di dalam tubuh. Jadi, usahakan pikiran tidak terlalu stress agar terhindar dari yang namanya jerawat

  1. Mengonsumsi obat-obatan

Obat-obatan tertentu jika sering dikonsumsi bisa menyebabkan stress. Misalnya skala penggunaan obat yang mengandung litium, kortikosteroid dan obat anti kejang.

  1. Penggunaan kosmetik

Penggunaan kosmetik yang salah bisa menyebabkan munculnya jerawat.  Hal ini karena di dalam kosmetik terdapat kandungan zat kimia yang bisa membuat kulit menjadi alergi terhadap zat tersebut. Maka dari itu, jika muka Anda termasuk tipe muka yang berjerawat sebaiknya jangan menggunakan kosmetik yang sembarangan. Pilih kosmetik yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat atau khusus untuk kulit yang berjerawat.

Baca Juga: Pelajaran dari Danau Toba

Baca Juga:  Mencurigakan, Dua Truk Kontainer Diamankan Polres Aceh Selatan

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Bisa dilihat jika saat ini ada banyak klinik kecantikan yang menawarkan berbagai macam treatment khusus untuk Jerawat. Akan tetapi, jerawat ini sebenarnya bisa diobati dengan menggunakan cara alami loh. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yan dan di sekitar untuk dipakai membuat ramuan menghilangkan jerawat secara lebih efektif. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu :

  1. Tomat

Pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan buah tomat? Tomat bisa sering kali digunakan sebagai bahan untuk membuat sayur atau dijadikan sebagai buah. Tomat mengandung zat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Banyak orang yang menggunakan tomat untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel di wajah. Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan tomat adalah dengan menjadikannya sebagai masker.

  1. Bawang Putih

Bawang putih selain digunakan untuk membuat bumbu masakan, ternyata juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan jerawat loh. Caranya gampang sekali. Parut satu siung bawang putih, setelah itu gosokkan atau tempelkan pada area kulit yang berjerawat. Tunggu hingga beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Memang akan terasa panas di kulit. Akan tetapi, sensasi panas pada bawang tersebut bisa membunuh kuman penyebab jerawat.

  1. Madu dan minyak zaitun

Khasiat madu dan minyak zaitun memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan kulit wajah. Caranya mudah. Campur satu sendok teh minyak zaitun dan madu. Oleskan pada kulit. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Selain bisa mengatasi jerawat, zaitun dan madu bisa juga digunakan untuk mengencangkan kulit wajah.

  1. Jeruk nipis
Baca Juga:  SAPMA PP Kota Makassar Seruduk Mapolda Sulsel, Ada Apa?

Jeruk nipis menjadi salah satu buah yang banyak disukai. Jeruk nipis ini bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat di kulit wajah. Anda bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon dengan cara  menempel perasan air jeruk ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan beberapa menit hingga jerawat mengering dan bilas dengan air bersih.

  1. Wortel

Buah wortel memang sangat kaya akan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan wortel untuk merawat kulit Anda dari jerawat. Ambillah satu buah wortel yang sudah dikupas dan dibersihkan. Parut wortel. Tempelkan hasil parutan wortel pada bagian kulit yang jerawat. Tunggu hingga mengering dan bilas menggunakan air bersih.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami. Sebaiknya Anda menggunakan cara ini karena akan lebih aman dan tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Selain itu cara ini juga lebih efektif dalam mengatasi masalah jerawat yang membandel.

 

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar