Cara Mengubah PDF Ke Word Paling Mudah dan Cepat

Rameune.com - April 20, 2021
Cara Mengubah PDF Ke Word Paling Mudah dan Cepat
  Ilustrasi: Freelancer bekerja dari rumah
Bagikan:

Tidak banyak orang tahu bagaimana cara mengubah PDF ke Word. PDF atau portable document format merupakan sebuah format file dimana berbasis teks yang sudah banyak orang memanfaatkan sebagai e-book.

Dibandingkan dengan format lainnya, PDF ternyata mempunyai beberapa kelebihan seperti lebih aman dan bisa anda buka menggunakan berbagai macam jenis tampilan. Tentunya dengan adanya tampilan sama pada setiap perangkatnya. Selain itu, isi serta tampilan dalamnya ternyata tidak mudah untuk anda ubah.

Baca juga: Cara Mengubah Word ke PDF Praktis dan Mudah

Bahkan seseorang yang membuat file dalam bentuk PDF ternyata juga bisa memberikan batasan akses file tersebut dengan kata sandi agar file di dalamnya tetap terjaga serta tidak ada orang lain dengan mudah mendapatkan akses tersebut. Namun, walaupun banyak keunggulannya, masyarakat ternyata  juga tertarik buat mengompres file PDF ke word.

Cara mengubah PDF ke Word termudah

Salah satu alasan mengapa melakukan kompres adalah supaya lebih mudah buat memperoleh akses serta mengubah isi dari file tersebut. walaupun terlihat cukup simple, tetapi ternyata tidak banyak orang tahu bagaimanakah cara mengubah PDF ke word tersebut.

Untuk mengubah  file PDF ke word sebenarnya tidaklah sulit anda lakukan baik menggunakan perangkat komputer maupun mobile. Bahkan prosesnya juga terbilang tidak lama. Tentu cara tersebut sangat membantu anda yang ingin mengerjakan tugas maupun laporan bukan. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Menggunakan google docs

Adapun cara pertama yang bisa anda gunakan adalah memanfaatkan google docs tersebut. yang mana layanan  tersebut merupakan layanan gratis dengan berbagai macam fitur didalamnya. Melalui google docs inilah, anda  bisa mengunggah file PDF dan mengeditnya sesuai kebutuhan.

Selain itu, pengguna bisa menyimpan file tersebut ke dalam berbagai macam format software seperti docx ataupun Microsoft office word di semua versi. Untuk proses merubah file dapat anda lakukan dengan pilih file kemudian download as dan pilih lagi Microsoft word.

2. Microsoft Office

Apabila anda  sudah mempunyai aplikasi Microsoft word pada laptop maupun komputer, anda bisa langsung menggunakan cara mengubah PDF ke word dengan cara ini. Tetapi pastikan apabila aplikasi Microsoft office merupakan versi 2013 ke atas.

Melalui Microsoft office inilah, anda bisa membuka, mengedit maupun menyimpan file PDF langsung ke dalamnya. Caranya sangat mudah, berikut ini tutorialnya:

  1. Buka aplikasi Microsoft office terlebih dahulu
  2. Pilih menu file kemudian open dan pilih file PDF yang akan anda ubah tersebut
  3. Apabila sudah muncul pop-up peringatan, klik OK dan tunggu proses convert selesai
  4. Jika sudah, pilih menu file, save as dan simpan file dalam format Word.

3. Adobe Acrobat Pro

Disamping cara sebelumnya, anda juga bisa menggunakan aplikasi bernama adobe acrobat pro. Aplikasi ini ternyata akan memberikan kemudahan buat mengubah file PDF dalam bentuk Word. Pengguna baru tidak akan kesulitan buat menggunakannya.

Berikut langkah-langkah buat menjalankan aplikasi adobe acrobat Pro ini:

  1. Buka aplikasi adobe acrobat pro terlebih dahulu
  2. Kemudian pilih file PDF yang ingin anda ubah ke dalam bentuk word
  3. Terakhir, setelah file anda buka, bisa langsung memilih save as other, kemudian Microsoft word dan pilih word dokumen atau sesuai kebutuhan yang anda miliki tersebut.

4. Aplikasi UniPDF

Aplikasi desktop ini merupakan  cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengubah file PDF ke word. UniPDF merupakan aplikasi yang bisa anda unduh secara gratis pada link berikut. Tenang saja! Penggunaan aplikasinya ternyata sangat mudah buat anda lakukan. Namun, apabila masih bingung, kami sudah mempunyai beberapa tutorial untuk anda.

  1. Pertama, buka aplikasi dan klik menu settings. Pastikan pada bagian format word, pilihlah tipe doc.
  2. Jika sudah, kembalilah ke menu home dan pilih word pada bagian outputnya. Klik add untuk menambahkan file PDF yang ingin anda ubah menjadi word
  3. Terakhir, tinggal pilih convert maka  anda sudah bisa memperoleh hasil dari konvensi tersebut.

5. Website converter

Jika anda malas buat mengunduh aplikasi-aplikasi buat mengubah file pdf ke word, maka menggunakan website converter adalah solusinya. Selain praktis, cara inipun akan memberikan kemudahan buat anda gunakan.

Untuk anda yang baru  pertama kali akan menggunakan website untuk konversi file pdf ke word, berikut tutorial untuk menggunakannya

  1. Googling dengan kata kunci “pdf to word”
  2. Pilih website converter yang terpercaya dan berada di halaman utama dari sebuah mesin pencarian menggunakan browser
  3. Pilih jenis output yang anda ingin ubah. Disini bisa memilih PDF to docx
  4. Klik browse atau cara untuk memasukkan dokumen yang ingin  ubah menjadi word
  5. Klik covert dan tunggu hingga proses convert selesai. Biasanya akan muncul pesan pop-up yang menandakan file berhasil anda ubah.

Manfaat mengubah file PDF ke word 

Sudah tahu bukan bagaimana cara mengubah PDF ke Word? Dengan mengubah file PDF dalam bentuk docx sebenarnya menawarkan segudang manfaat didalamnya. Adapun beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan antara lain adalah

1. Bisa mengedit file kembali

Perlu ingat apabila file yang sudah berbentuk PDF tentu akan sulit buat anda ubah. Namun apa jadinya jika ternyata terdapat kesalahan didalamnya? Tentu mengubah file pdf ke word adalah solusi paling terbaik.

2. Membuat tugas atau pekerjaan lebih cepat

Disamping itu, manfaat mengubah file PDF ke word berikutnya yakni akan membuat tugas atau pekerjaan lebih cepat. terlebih lagi,

File PDF menjadi salah satu file yang cukup populer karena mampu menghadirkan tampilan simple dan enak dibaca. Walaupun demikian, tidak sedikit dari masyarakat ingin mengeditnya. Nah, daripada bingung cara mengubah PDF ke word bisa menjadi pilihan.

 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar