Destinasi Dataran Tinggi Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Aceh Selatan

Rameune.com - 21 June 2021
Destinasi Dataran Tinggi Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Aceh Selatan
  Foto: Kategori Destinasi Dataran Tinggi Puncak Sigantang Sira/Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Puncak Pintoe Angen Sigantang Sira adalah potensi wisata dataran tinggi baru yang secara administratif terletak di antara Kecamatan Trumon dan Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Kawasan yang terletak di jalan Tapaktuan-Medan dengan ketinggian 400 mdpl dengan jarak tempuh 78 Km atau 1.5 jam perjalanan dari ibu kota Tapaktuan,

Secara konseptual Pembangunan kawasan wisata Sigantang Sira menerapkan konsep Agroekoeduwisata yakni pengembangan pariwisata berbasis aktivitas pertanian, memenuhi kaedah pelestarian lingkungan dan menjadi kawasan riset untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan tehnologi dan inovasi serta bermanfaat bagi masyarakat.

Dari aspek aktivitas pertanian, pengembangan kawasan ini lebih kepada kegiatan koleksi beragam jenis tanaman (biodiversity), pelestarian plasma nuthfah, serta kegiatan budidaya yang meliputi pengembangan tanaman hias dan holtikultura, peternakan, perikanan dan kehutanan. Semua aktivitas ini menerapkan kaidah konservasi sebagai upaya pelestarian ekologi. Kawasan wisata ini juga di jadikan sebagai lahan percontohan untuk pengembangan riset dan teknologi melalui kerja sama dengan Politeknik Aceh Selatan.

Kawasan Agroekoeduwisata Bukit Sigantang Sira ini di kembangkan secara swadaya oleh pengusaha muda bernama TGk. Abrar Muda. Puncak Sigantang Sira berada di atas lahan perbukitan seluas 25 hektar,  beliau bertekad untuk menciptakan objek wisata baru yang mampu mendorong kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Selatan. sejak di garap pengerjaannya pada bulan Oktober 2020 lalu, kehadiran kawasan ini menjadi magnet baru yang mampu menarik kedatangan para wisatawan baik lokal, daerah bahkan nasional.

Baca Juga:  Eksekutif Dan Legislatif Tak Ada Yang Bisa Di Percaya.

Walaupun masih dalam tahap pekerjaan pembangunan, Bukit Sigantang Sira merupakan salah satu destinasi wisata dataran tinggi terpopuler saat ini dengan ketinggian ± 400 mdpl, menawarkan sensasi yang berbeda kepada pengunjung. Para pengunjung akan di manjakan dengan pemandangan hamparan lautan, lautan awan termasuk sunrise dan sunset,  animo masyarakat untuk datang berkunjung kesana sangatlah tinggi. Secara purata terdapat puluhan pengunjung yang hadir setiap harinya untuk sekedar menikmati panorama alam yang sangat eksotik. Bahkan untuk hari-hari tertentu pengunjung dapat mencapai ratusan orang. Tokoh-tokoh penting seperti : Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT dan mantan wakil gubernur Aceh Muzakir Manaf pun tidak luput dan turut menyambangi kawasan wisata potensial ini.

Sungguh kehadiran objek wisata Puncak Sigantang Sira ini menjadi harapan baru dalam pengembangan sektor pariwisata yang dapat mendorong peningkatan ekonomi di Kabupaten Aceh Selatan.

Anjungan Tapak Tuan Tapa, Aceh Selatan

Kemudian Anjungan Tapak Tuan Tapa merupakan spot wisata baru yang dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati situs legenda Tapak Tuan Tapa. Anjungan yang dibuat pada tahun 2020 lalu tersebut ditujukan agar para wisatawan dapat menikmati penampakan tapak kaki raksasa tuan tapa yang menjadi riwayat dari asal usul Kota Tapaktuan dengan lebih mudah, nyaman serta memperlihatkan view alam yang sangat mempesona.

Baca Juga:  Bupati Aceh Selatan Sambut Kapolda Aceh

Sebagaimana diketahui bahwa di lokasi kaki gunung lampu terdapat sebuah bekas telapak kaki raksasa yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai bekas telapak kaki seorang petapa sakti tua saat bertarung melawan sepasang naga yang menyandera seorang putri yang masih bayi. Untuk menyelamatkan sang bayi, petapa tua yang sakti tersebut merubah wujudnya menjadi seorang raksana  sehingga saat berpijak pada batu karang yang terdapat di kaki gunung tersebut meninggalkan bekas. Bekas telapak kaki tersebut menjadi icon Kota Tapaktuan.

Dari anjungan tersebut selain dapat menyaksikan tapak tuan tapa yang terletak di kaki bukit, pengunjung juga di suguhkan panorama teluk Tapaktuan yang menawan. Air laut yang biru, deburan ombak, matahari terbit, sunset  di hiasi perahu nelayan pencari ikan dan hamparan lautan hindia. Pengunungan yang berjejer di sebelah utara memberikan penampakan seorang puteri yang sedang berbaring. Sementara di bagian timur terlihat jelas pemandangan kota Tapaktuan yang menjadi ibu kota Kabupaten Aceh Selatan

Baca Juga:  Hendra meminta maaf karna telah memfitnah owner Sigantang Sira Aceh Selatan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Safril, S.Sos mengatakan Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Tapa merupakan destinasi yang saat ini masuk nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 dengan katagori dataran tertinggi terpopule dan Destinasi Kreatif, untuk memperoleh predikat API dataran tertinggi terpopuler tingkat nasional  tahun 2021 perlu dukungan dari semua pihak terutama masyarakat Kabupaten Aceh Selatan dan masyarakat Provinsi Aceh umumnya, kemudian dimasa pandemic Covid-19 ini, pengelolaan Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Tapa tetap mengacu pada peraturan dan protocol kesehatan Covid-19.

Melalui kesempatan ini saya selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan mohon dukungan untuk melakukan vote untuk kategori Destinasi Dataran Tinggi Puncak Sigantang Sira melalui sms: API 10H dan Kategori  Destinasi Kreatif sms : API 15A kirim ke 99386 voting ini mulai di hitung sejak tanggal 1 Juli s/d 31 Oktober 2021

≠Dinaspariwisatakabupatenacehselatan
≠Bidangpemasaran
≠Ayojalanjalan

Bagikan:

Tinggalkan Komentar