DINKES ACEH SELATAN GELAR BELKAGA

Rameune.com - October 26, 2020
DINKES ACEH SELATAN GELAR BELKAGA
  (Rameune.com)
Penulis

Raumene.com, Tapaktuan – Sekda Aceh Selatan, H.Nasjuddin, SH, MM, secara resmi membuka Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) senin (26/10/2020) yang bertempat di halamanan Kantor Dinas Kesehatan Jalan TR Angkasah Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan.

Acara Belkaga itu dihadiri, Nyonya Kailida Amran, S.Pd dan sejumlah unsur forkopimda seperti, Wakil Ketua II DPRK Aceh Selatan, Ridwan, A.Md, Dandim 0107 Aceh Selatan yang diwakili, Pasiter Kodim 0107 Aceh Selatan, Kapten Pria Utama, Kapolres Aceh Selatan yang diwakili Kabagops, AKP Damri, SH, Kajari diwakili Kasie Intel Kejaksaan Negeri Tapaktuan, Riki Supriadi, SH, Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Selatan, Martunis serta para SKPK terkait, Muspika Kecamatan Tapaktuan, para Kapus seluruh Puskesmas se-Kabupaten Aceh Selatan.

Sekda H.Nasjuddin, SH, MM dalam kata sambutanya menyampaikan pada hari ini akan dilaksanakan Pencanangan Bulan Eliminasi kaki Gajah (BELKAGA) di Kabupaten Aceh Selatan.

Filariasis (penyakit kaki gajah) adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh cacing filaria yang menyerang saluran dan kelenjar getah bening. Penyakit ini dapat merusak sistem limfe, menimbulkan pembengkakan pada tangan, kaki, glandula mammae dan scrotum, menimbulkan cacat seumur hidup serta stigma sosial bagi penderita dan keluarganya. Secara tidak langsung, penyakit yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk ini dapat berdampak pada penurunan produktivitas kerja penderita, beban keluarga, dan menimbulkan kerugian ekonomi bagi negara yang tidak sedikit.

Di Indonesia, sampai tahun 2014 terdapat lebih 14 ribu orang menderita penyakit kronis Filariasis yang tersebar di semua provinsi. Aceh Selatan termasuk salah satu kabupaten yang mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Kadiskes Aceh Selatan, Novi Rosmita, “PENCANANGAN BULAN ELIMINASI KAKI GAJAH (BELKAGA) PAMUNGKAS DI Kabupaten Aceh Selaran mengatakan terkait dengan pelaksanaan Pelaksanaan Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki gajah Pamungkas Tahun 2020 yang diselenggarakan pada hari ini ada beberapa hal yang akan kami sampaikan, diantaranya.

Tujuan pencanangan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan penguatan kepada seluruh Forkopimda, para kepala SKPD, Ketua MPU, camat, para kepala puskesmas untuk meningkatkan cakupan minum obat di tahun terakhir dalam mencapai Eliminasi kaki gajah di Kabupaten Aceh Selatan. Diharapkan nantinya tidak ada lagi pertambahan kasus baru dan kita dapat fokus mengobati dan membantu mengatasi kasus yang ada saat ini yaitu 40 kasus.

Peserta yang di undang pada pencanangan ini : berjumlah sebanyak 200 orang yang terdiri dari. Forkoimda, Ketua DPRK, Ketua Komisi 3, Ketua TP-PKK, Kepala Kantor Kemenag, Kepala Dinas Pendidikan Dayah, para kepala SKPD, Camat Tapaktuan, Ketua MPU, seluruh Kepala UPTD Puskesmas Dan seluruh Kabid, Kasie beserta staf dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan.

Biaya untuk penyelenggaraan kegiatan ini bersumber dari dana DAK Non FISIK tahun 2020.

Penyelenggaraan acara Pencanangan ini masih jauh dari kata kesempurnaan, oleh karena itu saya An. Panitia menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dan saya berharap di tahun terakhir minum obat kaki gajah pencapaian cakupan dapat meningkat sesuai dengan harapan tutup Novi Rosmita.