Dulu Pernah Sebagai Tempat Wara-wiri di Masa Konflik, Tgk. Amran Kunjungi Gampong Terluar Aceh Selatan

Rameune.com - 8 March 2021
Dulu Pernah Sebagai Tempat Wara-wiri di Masa Konflik, Tgk. Amran Kunjungi Gampong Terluar Aceh Selatan
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan, Ny. Kailida, S.Pd.I, melaksanakan kunjungan ke Gampong Alur Keujrun, Kecamatan Kluet Tengah, pada hari Jum’at (5/3/2021).

Pada kesempatan ini, Tgk. Amran tidak hanya datang untuk singgah sebentar, namun juga menyempatkan diri untuk menginap dan melaksanakan berbagai aktifitas bersama masyarakat Gampong Alur Keujrun.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Aceh Selatan ini disambut dengan suka cita oleh seluruh masyarakat Alur Keujrun. Sebuah acara penyambutan sederhana namun penuh kebahagiaan dihelat di halaman SD Alur Keujrun, setelah jamuan makan malam di salah satu ruang kelas SMP Satu Atap Alur Keujrun.

Saat menyampaikan ucapan selamat datang, Keuchik Alur Keujrun, Agustaria Bangun, tak mampu menahan haru, dengan suara bergetar dan sesekali mengusap air mata, Bangun menyampaikan rasa bahagia atas kedatangan Bapak Bupati beserta Ibu ke Alur Keujrun, dan bersedia menginap di tengah-tengah masyarakat.

Agustaria Bangun menyampaikan harapan besar kepada Bupati Aceh Selatan agar dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat Alur Keujrun, terutama pembukaan ruas jalan agar Alur Keujrun terbebas dari keterisoliran, layaknya Buloh Seuma yang selama beberapa tahun terakhir terus dilaksanakan upaya-upaya untuk membuka akses transportasi oleh pemerintah daerah dan provinsi.

Selanjutnya, Agustaria Bangun juga menyampaikan harapan peningkatan layanan kesehatan berupa penyediaan tenaga dokter umum yang tinggal dan menetap di Alur Keujrun.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan dirinya beserta Istri yang juga Ketua TP PKK Aceh Selatan, sengaja dilaksanakan mendadak atau boleh dikatakan “datang tanpa diundang”, karena dirinya tidak ingin masyarakat membuat persiapan yang berlebihan. Jabatan Bupati ini ada masanya, terlepas dari jabatan tersebut, saya adalah manusia biasa, hari ini saya ingin bersama-sama dengan masyarakat Alur Keujrun sebagai masyarakat biasa, sengaja saya ikut sertakan istri, beliau ini asli orang kluet, saudara dari bapak dan ibu juga, saya ajak kesini, menikmati apa yang ada, makan ikan asin, mandi di sungai, mendengar keluh kesah bapak dan ibu semua, sambung Tgk. Amran.

Terkait harapan dari masyarakat yang disampaikan oleh Keuchik, Tgk. Amran menjanjikan bahwa segala upaya akan dilakukan pemerintah daerah untuk membebaskan Alur Keujrun dari keterisoliran. Namun demikian, Tgk. Amran mengingatkan bahwa hal tersebut butuh waktu dan proses.

Dalam membuka ruas jalan Buloh Seuma contohnya, bukanlah proses yang sebentar, namun telah dirintis oleh para bupati terdahulu, dan Insya Allah pada tahun 2022 ini akan selesai. Begitu juga dengan harapan membuka ruas jalan menuju Alur Keujrun, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan saat ini telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, antara lain dokumen-dokumen agar pembukaan ruas jalan tersebut dapat terlaksana.

Terkait peningkatan layanan kesehatan, Tgk. Amran juga menjelaskan berbagai upaya yang selama ini telah dan terus dilakukan, agar masyarakat Alur Keujrun mendapatkan haknya menikmati layanan kesehatan yang memadai. Untuk memenuhi kebutuhan dokter umum yang menetap, Tgk. Amran memerintahkan Plt. Kadinkes Aceh Selatan, Novi Rosmita, M.Kes, yang telah lebih dulu tiba dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengobatan massal, untuk mencari solusi terbaik dan dapat diwujudkan secepatnya.

Keesokan hari, tepatnya pada Sabtu (6/3/2021), Tgk. Amran memulai hari dengan shalat Subuh berjamaah bersama warga, dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan pengobatan massal oleh para dokter spesialis dan pihak Dinas Kesehatan, yang sudah lebih dulu tiba di Alur Keujrun.

Selanjutnya, Tgk. Amran, bersama Direktur Poltas, Dr. Muhammad Yasar, M. Sc, Camat Kluet Tengah, Mukhlis Anwar, S.Pi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Deka Harwinta, SH., M.I.Kom, beserta perangkat desa, mendatangi lokasi mesin Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro, yang selama ini menjadi sumber utama dalam memenuhi kebutuhan listrik di Alur Kejruen, serta membicarakan terkait perencanaan pembangunan jaringan telekomunikasi.

Tgk Amran menyerahkan perlengkapan olah raga voli, berupa baju olah raga, bola dan net. Tgk. Amran juga menyerahkan kelambu kepada masyarakat Alur Kejruen.

Kunjungan ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk meminta Tgk. Amran melaksanakan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan jalan rabat beton. Sebelum kembali ke Tapaktuan, Tgk. Amran menyempatkan waktunya untuk berbincang bersama para pemuda Alur Kejruen, dan menyerahkan perlengkapan olah raga voli, berupa baju olah raga, bola dan net. Tgk. Amran juga menyerahkan kelambu kepada masyarakat Alur Kejruen sebagai upaya pemerintah daerah melaksanakan eliminasi malaria.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar