Eksistensi Reformasi Birokrasi Sebagai Langkah Jitu Transformasi Pemerintahan Indonesia Yang Lebih Baik

Rameune.com - January 23, 2021
Eksistensi Reformasi Birokrasi Sebagai Langkah Jitu Transformasi Pemerintahan Indonesia Yang Lebih Baik
  Biodata Penulis. Nama: Nanda Rizkia Rahila, Alamat: Lr. Jumpa No.01 Ulee Kareng Banda Aceh, Desa Lamglumpang Pekerjaan : Mahasiswi/foto: ist
Penulis
|
Editor

Eksistensi Reformasi Birokrasi Sebagai Langkah Jitu Transformasi Pemerintahan Indonesia Yang Lebih Baik

Oleh: Nanda Rizkia Rahila (Mahasiswi UIN Ar-raniry Banda Aceh). 

Reformasi birokrasi seolah menjadi mimpi yang menjadi kenyataan, hadirnya reformasi birokrasi akan menjawab semua tuntutan dari aspirasi masyarakat tentang penyelenggaraan pemerintahan indonesia saat ini. Akankah harapan seluruh masyarakat indonesia dapat terealisasikan melalui sistem reformasi birokrasi dalam tatanan kepemerintahan indonesia ini?

Ataukah keberadaan atau eksistensi nya hanya sebatas kalimat hiasan yang akan menutupi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pelayanan yang diberikan oleh pemerintah indonesia?
Peraturan Presiden No 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi telah menjadi dasar hukum pelaksanaan reformasi birokrasi di pemerintahan indonesia, setiap instansi berhak melakukan inovasi terkait hal-hal apa yang akan direformasi untuk pelaksanaan sistem pelayanan publik.

Kemenko PMK menjelaskan bahwasanya reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Dengan tujuan untuk menciptakan birokrasi yang ideal, berintegrasi tinggi serta berdedikasi untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal, efektif dan efisien kepada seluruh masyarakat indonesia. Dan pastinya juga untuk menghindari maladministrasi serta patologi birokrasi yang kita kenal dengan sebutan KKN.

Eksistensi reformasi birokrasi diharapkan dapat bersifat nyata di pemerintahan indonesia saat ini, segala unsur yang telah diciptakan melalui 8 area perubahan dapat diimplementasikan secara serius dan juga direalisasikan secepat mungkin, sehingga dambaan tentang birokrasi ideal selama ini yang diimpikan oleh masyarakat indonesia dapat segera terwujud. Lagipula, sudah menjadi tugas pemerintah indonesia untuk dapat menjadi pemerintahan yang lebih maju lagi dari segala sisi aspek kehidupannya.

Dengan kesempurnaan tatanan pemerintahan dapat lebih matang lagi dalam memberikan pelayanan sehingga dapat mengurangi isu-isu tentang permasalahan yang ada ada di bidang pemerintahan indonesia. Berharap melalui adanya eksistensi reformasi birokrasi menjadi batu loncatan yang sangat besar untuk menciptakan dan menjadikan pemerintahan indonesia lebih responsif dan berdaya guna bagi kemajuan bangsa indonesia.

Diharapkan dengan terciptanya birokrasi yang ideal melalui sistem penerapan reformasi birokrasi seluruh masyarakat indonesia dapat merasakan bernafas lega untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal dan prima dari aparatur birokrat pemberi pelayanan.

Selain itu, mengharapkan birokrat aparatur pemberi pelayanan menjadi teman dekat dari masyarakat sehingga ada interaksi yang baik antara birokrat dengan masyarakat. Terciptanya iklim sosial yang memunculkan feedback positif di kehidupan ini.

Birokrasi seharusnya sudah bisa menjadi salah satu wadah yang dapat memberikan kepuasan, pelayanan yang prima, alat yang dapat mengakomodir segala urusan masyarakat guna mencapai tujuan bersama yakni menjadi birokrasi yang ideal dan juga dapat mensejahterakan masyarakat dengan maksimal.

Sampai akhir dari tulisan ini kita semua warga negara Republik Indonesia mengharapkan birokrasi yang ideal dan mendambakan tatanan kepemerintahan yang sempurna sesuai dengan unsur dalam amanat good governance untuk menjadikan pemerintahan indonesia menjadi pemerintah yang baik dan bersih dalam memberikan pelayanan kepada seluruh warga negara Republik Indonesia.

Penulis Merupakan Mahasiswi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh