FGD Perencanaan Bidang Pariwisata di Aceh Selatan

Rameune.com - 15 September 2021
FGD Perencanaan Bidang Pariwisata di Aceh Selatan
  Rameune.com/Foto: Dok. FGD Asel
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran diwakili Asisten II Setdakab Aceh Selatan Drs. H. Darisman, membuka forum diskusi (FGD) tentang  penyusunan RDTR Tapaktuan di Ruang Rapat Bappeda Aceh Selatan Jalan T. Ben Mahmud Tapaktuan, Rabu (15/9/2021).

Dalam sambutannya, bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dalam pembukaan acara FGD, menyatakan, potensi pariwisata menjadi salah satu andalan pembangunan Aceh Selatan. Dengan FGD, akan menyempurnakan program perencanaan dan kegiatan pembangunan pariwisata di masa mendatang.

Baca Juga:  PNS Aceh Selatan Terima SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun

Bupati Aceh Selatan mengharapkan dengan adanya penyusunan RDTR ini akan menyempurnakan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dalam jangka tertentu.

“Kita berharap agar RDTR ini akan menjadi acuan dan pedoman bagi pembangunan di masa mendatang,” kata bupati.

Hadir dalam FGD itu, Kepala Subdit Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Daya Dukung Wilayah I Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Ditjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Muhammad Arifin Siregar.

Baca Juga:  Billy Mambrasar, Staf Khusus Millenial Presiden RI Siap Bantu Penegerian Poltas

Menurut Arifin, prinsip RRTR/RDTR tidak menimbulkan ekses atau dampak bagi keberlanjutan pembangunan di masa depan. “Visi pimpinan juga harus menjadi perhatian dalam penyusunan RDTR,” kata Arifin.

Dilematis, bila dukungan pertanahan tidak maksimal dalam pengelolaan perencanaan pembangunan.

Menurutnya, bidang pariwisata memiliki keunikan sehingga memerlukan inovasi dengan memadukan dengan kearifan lokal.

Sementara Staf Subdit Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Daya Dukung Wilayah I Yudha Perdana mengatakan, potensi wisata Aceh Selatan sangat besar dan memiliki nilai yang tinggi.

Baca Juga:  Dr. Yasar: Coaching Clinic Meningkatkan Skill Publikasi dan Kolaborasi Riset

“Tinggal bagaimana cara pemerintah daerah mempromosikan seraya menata dengan baik,” katanya seraya menyebut media promosi kini tersedia dan bisa menggandeng tokoh dan artis terkenal untuk memviralkannya.

Diskusi yang diikuti peserta antara lain, Kepala Bappeda Masrizal, M. Si, para Tomas dan beberapa kepala dinas menyempurnakan FGD tersebut.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar