Galakkan Literasi, KMM Gelar Kegiatan Bincang Sastra

Rameune.com - 19 December 2020
Galakkan Literasi, KMM Gelar Kegiatan Bincang Sastra
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Banda Aceh – Komunitas Muda Menulis (KMM) mengadakan kegiatan virtual dengan tema Bincang Sastra; One Day One Puisi. Kegiatan tersebut diselenggarakan virtual melalui aplikasi zoom, Jum’at (18/12) pukul 19.30 malam.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas para penulis pemula yang ada di Indonesia khususnya Aceh.

Ketua panitia, Lia Hamdani memberikan keterangan bahwa kegiatan virtual ini adalah kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Komunitas Muda Menulis dan Insya Allah menjadi batu loncatan agar Komunitas Muda Menulis semakin produktif dan senantiasa menabar manfaat kepada masyarakat. Lia juga mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta yang ada di seluruh Indonesia, ada yang berasal dari Riau, Jakarta juga Gorontalo.

Baca Juga:  Viral! IPK 2 Koma, Mahasiswi Ini Malah Lolos Beasiswa LPDP ke Inggris

Kami juga turut mengundang dua Pemateri yaitu Pilo Poly dan Irfan Dolesa yang sudah lama menjajaki dunia literasi. Para peserta sangat antusias dalam menyimak materi dan mengajukan pertanyaan, hal ini menandakan bahwa teman-teman sangat membutuhkan kegiatan diskusi sehingga membantu para penulis pemula dalam mengembangkan diri.

Dalam kegiatan ini juga turut berhadir bapak Saiful Anam Wakapolresta Aceh Besar.

Desi Ulvia, selaku Founder Komunitas Muda Menulis (KMM) dan juga sebagai moderator pada kegiatan tersebut mengucapkannya rasa terimakasih atas semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan bincang sastra ini. Komunitas Muda Menulis (KMM) merupakan sebuah komunitas yang baru berusia 3 tahun.

“KMM berdiri pada tanggal 23 September 2018 atas inisiatif teman-teman saya yang menggeluti bidang yang sama dengan saya saat saya masih berstatus mahasiswi di jurusan Sejarah dan Kemudian Islam UIN Ar-Raniry. Ide ini muncul karena gejolak saya yang membutuhkan wadah untuk berdiskusi dan mengembangkan diri, khusunya di bidang literasi.

Baca Juga:  Bupati Aceh Selatan Apresiasi Capaian Kafilah MQK

Saya mendirikan komunitas ini dengan tujuan memberikan wadah bagi penulis muda yang ada di Indonesia khususnya Aceh untuk sama-sama belajar dan mendalami dunia kepenulisan. Saat ini KMM memiliki 51 peserta dari berbagai daerah”, Ujar Desi Ulvia

Untuk tema Bincang Sastra; One Day One Puisi merupakan sebuah gagasan agar para penulis muda meluangkan waktunya untuk terus menulis kapanpun dan di mana pun mereka berada, karena kegiatan menulis adalah kegiatan yang membutuhkan latihan juga asupan referensi yang banyak, sehingga menuntut para penulis muda untuk senantiasa membaca dan menulis setiap harinya.

Baca Juga:  Peringati HUT ke 255 Kota Sungailiat, Pemkab Gelar Paripurna Istimewa

Sebelum kegiatan ini, KMM juga mengadakan kelas online yang diperuntukkan bagi anggota KMM via grup WhatsApp dengan jadwal seminggu dua kali, namun seiring berjalannya waktu saya mengambil inisiatif untuk mengadakan kegiatan bincang sastra untuk membangkitkan semangat temen-temen KMM dan juga para penulis muda yang ada di seluruh Indonesia dalam mengembangkan diri di dunia literasi.

“Saya sangat berharap KMM dapat senantiasa menebarkan manfaat dan kebaikan”, ujar Desi Ulvia

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama usai berlangsungnya dua sesi pertanyaan dari para peserta kepada kedua pemateri Bincang Sastra.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Cloud Hosting Indonesia