Genta Fiberglass dan Poltas Kembangkan Inovasi Perahu Fiber

Rameune.com - September 9, 2020
Genta Fiberglass dan Poltas Kembangkan Inovasi Perahu Fiber
  (Rameune.com)
Penulis

Rameune.com,  Kandang – Genta Fiberglass merupakan mitra Inkubator Bisnis (IB) Politeknik Aceh Selatan yang bergerak di bidang Inovasi perahu fiber yang dikelola Sasdi Meri sejak 2018 yang lalu dengan ralamat di Gampong Suaq Bakung, Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan.

Pada kesempatan ini Sasdi Meri pada Rameune.com mengatakan perahu fiber sangat cocok untuk para nelayan dan masyarakat pengguna transportasi air.

“Kita berharap kepada pemerintah daerah dapat memerhatikan pengusaha kecil dalam mengembangkan usahanya, terutama perlengkapan kerja dan modal usaha. Disamping itu perlu adanya pelatihan bagi para masyarakat dalam pengembangan inovasi teknologi”. Katanya, Rabu (09/09/2020).

Lanjutnya, harga perahu fiber bervariasi sesuai dengan bentuk, ukuran dan tingkat kerumitan pengerjaannya. Untuk perahu yang kita kerjakan sekarang ini ada beberapa tipe dan jenis, diantaranya, Type Full Fiber (Perahu nelayan) ukuran P. 4,6 meter x L. 0,85 meter Rp. 6 Juta rupiah, ukuran P. 5,5 meter x L. 0,95 meter Rp. 8 Juta rupiah, sedangkan type Perahu Transportasi, ukuran P. 12 meter x L. 0,90 meter Rp. 22 Juta rupiah, ukuran P. 10 meter x L. 0,80 meter Rp. 18 Juta rupiah dan Speed Boat P. 4 meter x 1.2 meter Rp. 9,5 Juta rupiah, jelasnya.

Sambutannya, sedangkan Type Laminasi Fiber Perahu (Boat Kayu) tergantung ketebalan serat yang dibutuhkan antaranya, ketebalan 3 lapis serat + Gelcoat (lapisan penutup + warna) Rp. 350.000/meter, ketebalan 4 lapis serat + Gelcoat (lapisan penutup + warna) Rp. 500.000/meter.

Dalam pembuatan perahu/boat fiberglass atau produk lain yang berbahan dasar fiber, kita harus menjaga kwalitas dan kesesuaian bentuk dan ukuran yang diinginkan oleh pemesan dan kebutuhan pasar. Tantangan dalam pembuatan produk fiberglass kita harus mampu membuat mold/cetakan untuk produk yang ingin diproduksi. Lanjutnya.

Peluang dalam pembuatan perahu fiber produk dari bahan fiber sangat bagus dan aneka produk bisa diproduksi dengan menggunakan bahan fiberglass, dan tenaga kerja untuk sekarang ini masih sulit, karena pekerja harus memiliki keterampilan khusus tentang cara pembuatan fiberglass. Cetusnya.

Kelebihan perahu fiber dengan perahu kayu, bahan fiberglass lebih tahan terhadap proses pelapukan sehingga masa pakai perahu fiber lebih lama dan perawatan perahu fiber lebih mudah. Jangka waktu pembuatan perahu dari fiberglass lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan pembuatan perahu kayu.

Dengan ketebalan yang sama perahu fiber memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan perahu kayu. Bobot perahu fiber lebih ringan sehingga mesin penggerak bekerja maksimal. Bahan untuk pembuatan perahu fiber mudah didapat ketimbang bahan kayu yang sekarang makin sulit untuk didapatkan. Pungkasnya.