HAKA dan Polda Aceh Gelar Pelatihan Aplikasi Global Forest Watch

Rameune.com - October 15, 2020
HAKA dan Polda Aceh Gelar Pelatihan Aplikasi Global Forest Watch
  (Rameune.com)
Penulis

Rameune.com, Banda Aceh – Kepolisian Daerah Aceh (Polda) Bekerjasama dengan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAKA) Menggelar Kegiatan Pelatihan Global Forest Watch yang bertempat di Hotel 88 Banda Aceh. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kepolisian resort yang berada di dalam wilayah hukum Aceh.

Kegiatan ini diikuti oleh 36 peserta yang berasal dari Unit IV Tipidter Polres Kabupaten/Kota Provinsi Aceh.

Pada kesempatan ini, Badrul Irfan sebagai Sekretaris Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh mengatakan, monitoring kawasan hutan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sebab hutan Aceh merupakan salah satu hutan terbesar di dunia, setelah amazon di Brazil.

Lanjutnya, hutan Kawasan Ekosistem Leuser di Indonesia yang terdapat provinsi di Aceh. Dimana kawasan ini sangat luar biasa dihuni berbagai satwa liar dan langka dilindungi seperti harimau, gajah, badak, orang utan, flora dan fauna lainnya.

Sambung Badrul, untuk mempermudah kerja monitoring, alat Global Forest Watch menjadi salah satu alat yang dapat digunakan dilapangan.

Sementara itu Kombespol Margiyanta, SH., MH Direktur Kriminal Khusus Polda Aceh diwakili AKBP Afrizal, SE., M.Si Kabag Bin Ops Polda Aceh menyampaikan kepada peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan dengan serius.

“Dengan aplikasi Global Forest Watch tersebut sangat berguna dan membantu kerja kepolisian dalam penjagaan dan monitoring kawasan hutan. Dimana data yang dihasilkan oleh aplikasi ini menjadi data informasi A1. Sehingga personil bisa langsung melakukan tindakan dan mengantarkan team penegak hukum ke target operasi”. Pungkasnya