Harga Resmi dan Fitur Canggih PS5

Rameune.com - September 20, 2020
Harga Resmi dan Fitur Canggih PS5
  (Harga Resmi PS5 dirilis pada acara PS5 Showcase secara virtual - https://www.playstation.com/en-id/)

Berbicara tentang teknologi memang tidak ada habisnya, saat membaca artikel ini pun Anda sudah pasti menggunakan teknologi smartphone atau laptop yang hari ini sudah dijadikan sebagai media standarisasi untuk alat baca. Jika dulunya banyak orang menghabiskan waktu dengan membaca koran fisik setiap pagi, maka hari ini koran fisik telah digantikan dengan teknologi “koran online”. Seseorang bisa memperoleh informasi dan menyebarkannya hanya dalam waktu sekian detik, begitulah gambaran singkat betapa dahsyatnya teknologi.

Eksistensi Playstation

Menilik dari fungsinya, dewasa ini teknologi tidak hanya sebagai alat untuk memudahkan pekerjaan saja, melainkan tidak sedikit teknologi yang diciptakan sebagai media hiburan, Playstation adalah salah satu contohnya. Konsol game yang satu ini cukup awet dan terus bersaing di dunia hiburan yang sudah eksis sejak tahun 1994 lalu. Mengingat PS (singkatan playstation) yang terus-menerus memperbarui fitur mereka, maka tak heran bila kita mendengar istilah PS1, PS2, dan yang terbaru sekarang adalah PS5. Playstation bukanlah satu-satunya konsol game yang ada di dunia, produk besutan Sony ini terus bersaing tiap tahunnya dengan konsol game lainnya, Xbox adalah salah satu pesaing terkuatnya, produk yang diciptakan oleh Microsoft.

Tepat pada 17 september lalu, Sony resmi mengumumkan harga produk besutan mereka pada acara “PS5 Showcase” yang digelar secara virtual. Sebelumnya beredar rumor dan prediksi dari kalangan youtuber tekno yang mencoba menebak harga PS5 yang akan dirilis. Kini rasa penasaran akan harga PS5 tersebut terjawab sudah. Dirilis dengan dua variasi yaitu versi Standard Edition dan Digital Edition.

Harga dan Spesifikasi Playstation 5

Lantas apa perbedaan kedua versi tersebut? Standard edition diciptakan dengan memiliki slot untuk disc Blu-ray fisik,model ini dibanderol dengan harga 499 dolar AS atau sekitar Rp 7,3 juta, menariknya harga ini sama dengan harga Xbox Series X keluaran Microsoft, hmm sepertinya persaingan terus berlanjut antara kedua konsol ini.

Sementara itu, PS5 versi Digital Edition tidak memiliki slot (cakram) disc Blu-ray, artinya PS5 Digital Edition dapat memainkan game yang didapat secara digital atau dengan cara mendownload game yang ingin dicicipi. Tentunya dengan tidak hadirnya slot disc Blu-ray, Sony memangkas harga untuk produk ini dan dibanderol dengan harga 399 dolar AS atau setara dengan Rp 5,9 juta.

sony ps5 spesifikasi

Bentuk fisik Sony PS5

Berbicara masalah harga, rasanya kurang lengkap bila kita tidak membahas dapur pacu yang ditanamkan pada konsol game PS5. Dari segi CPU, PS5 diperkuat dengan 8 prosesor AMD zen 2 dengan kecepatan CPU sebesar 3,5 GHz, dua kali lebih besar dari kecepatan CPU yang ada pada PS4. Begitu juga halnya dengan RAM yang ditanamkan, PS5 memiliki RAM sebesar 16 GB, masih dua kali lebih besar dibandingkan dengan RAM PS4 yang hanya memiliki RAM sebesar 8 GB.

Pengolahan grafis pada PS5 ditenagai oleh GPU AMD yang memiliki 36 compute units (CUs), hal ini juga mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan dengan GPU pada PS4 yang hanya memiliki 18 CUs. Tidak hanya teknologi GPU saja yang penting untuk menunjang tenaga pada sebuah konsol game, selain itu daya komputasi juga harus diperhatikan. Lantas berapa daya yang dipasang pada PS5? Dalam hal ini, Sony memberikan peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan daya komputasi pada PS4, yakni sebesar 10,28 teraflops (TFLOPs). Selain itu, untuk tampilan grafis nya sendiri, PS5 sudah mendukung resolusi 8K yang sebelumnya hanya mendukung resolusi 4K pada produk PS4.

Teknologi penyimpanan yang digunakan pada PS5 adalah jenis Solid State Drive(SSD), yang sebelumnya Sony menggunakan jenis penyimpanan Hard Disk Drive (HDD) pada PS4. Lalu apa kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD? Hal ini akan membantu proses loading game terasa sangat cepat apabila menggunakan teknologi SSD. Adapun kapasitas SSD yang digunakan adalah sebesar 825 GB, tentunya kapasitas ini masih bisa ditambah dengan perangkat SSD tambahan apabila dirasa masih kurang dengan kapasitas SSD bawaan.