Hujan Lebat di Aceh Selatan, Perkampungan Terendam Banjir

Rameune.com - January 10, 2021
Hujan Lebat di Aceh Selatan, Perkampungan Terendam Banjir
  (Rameune.com)
Penulis
|
Editor

Rameune.com, Aceh Selatan – Akibat diguyur hujan, beberapa kecamatan di Aceh Selatan terendam banjir dan beberapa titik titik lokasi terjadi tanah longsor hingga menutupi badan jalan di sejumlah lintasan.

Tidak ada korban yang cukup berarti (maksudnya korban jiwa-red) dalam peristiwa ini, namun kerusakan material warga dan infrastruktur pemerintah mengalami kerugian yang cukup besar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan Cut Syazalisma, S, STP, kepada Rameune.com, Minggu, (10/1), mengatakan, peristiwa banjir itu, terjadi sejak Sabtu, (9/1), hingga pagi Minggu, (10/1), disebabkan hujan lebat yang cukup tinggi sejak Jum’at, (8)1),  sore, sehari sebelumnya.

Menurut Cut Syazalisma, hujan yang mengguyur wilayah Aceh Selatan menyebabkan kawasan perkampungan  Gampong Lhok Raya, Cot Bayu, Kapa Seusak kecamatan Trumon dan Trumon Timur terendam banjir setinggi 50-100 Cm.

Selain itu, beberapa daerah lainya di wilayah Kluet Raya seperti Kluet Utara juga terendam air banjir hingga menggenangi pemukiman penduduk dan merendam sejumlah puluhan rumah warga, seperti di Gampong Alur Mas.

Luapan sungai yang berada pada pinggiran perkampungan sempat mengganggu akses jalan.

Menurutnya, selain menyebabkan banjir, hujan lebat juga mengakibatkan tanah   longsor di beberapa titik. Sehingga, sejumlah ruas jalan tertutup aksesnya, dari dan ke perkampungan penduduk.

“Kita sudah menurunkan tim untuk pemantauan situasi, pendataan, melakukan kajian cepat sehingga potensi bahaya dapat kita antisipasi lebih dini,” kata Cut Syazalisma.

Pihaknya juga menurunkan alat berat berupa loader dan  excavator untuk membersihkan longsoran pada ruas jalan lintas seperti di Gampong Jambo Papeun kecamatan Kluet Tengah.

“Alhamdulillah pagi ini sudah bisa kembali di lalui oleh masyarakat, kata Kalak BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma.

Dalam kaitan cuaca tidak menentu, dia  juga menghimbau, agar masyarakat berhati-hati dalam kemungkinan menghadapi tanah longsor, banjir bandang dan ancaman bencana lainya.

Kepada masyarakat Kalak juga berpesan agar dapat menghubungi call canter Pusdalops BPBD 0811 6783 280 bila mana ada informasi kebencanaan, karna partisipasi masyarakat dalam tanggap bencana sangat diharapkan, sehingga langkah penanganan yang diambil dan dilakukan akan semakin cepat.