Kadisdagperinkop UKM Aceh Selatan: 4.418 Warga Aceh Selatan Terima BPUM

Rameune.com - September 15, 2020
Kadisdagperinkop UKM Aceh Selatan: 4.418 Warga Aceh Selatan Terima BPUM
  (Rameune.com)
Penulis

Rameune.com, Tapaktuan – Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Selatan T. Harida Aslim SE.MM memastikan 4. 418 warga Aceh Selatan menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Kementerian Koperasi dan Ukm Republik Indonesia.

“Bantuan Usaha Mikro ini diberikan kepada usaha Mikro, penerima BPUM merupakan usulan dari Disdagperinkop dan UKM Aceh Selatan, Bank BRI dan PNM, ucapnya saat di konfirmasi wartawan di ruang kerja Kadisdagperinkop dan UKM Aceh Selatan, kata T. Harida Aslim SE.MM, Senin (14/9/2020).

Ia melanjutkan, program bantuan ini dilakukan pemerintah untuk memberdayakan para pengusaha mikro ditengah pandemi covid-19 di tanah air.

Tanggapi Keluhan Pedangang Di Pasar Kota Fajar, Ini Penjelasan Kadis

Menanggapi adanya keluhan sejumlah pedangan di pasar Kota Fajar kecamatan Kluet Utara, terkait bentuk bangunan yang tidak cocok dengan metode pasar tradisional di Aceh, T. Harida mengatakan struktur bangunan tersebut sesuai dengan prototipe dari pusat, sehingga dari Sabang hingga Merauke bentuk bangunannya sama.

“Bangunan pasar itu prototipenya dari pusat, jadi kami tidak boleh mengganti modelnya, walaupun model tersebut tidak sesuai dengan keadaan pasar di Aceh”, ucapnya.

Namun demikian, pihaknya akan mengusulkan perubahan bentuk, dimana dengan meja beton yang dibangun ditengah-tengah bangunan yang berfungsi untuk menggelar dagangan yang oleh pedangang dianggap tidak cocok itu akan diusulkan untuk dirubah.

“Akan kita usulkan ke pusat untuk mengubah bentuknya, merehab sebagian plafon yang rusak diterjang badai beberapa waktu lalu, namun saat ini anggaran kita sangat terbatas, hal ini akan kita sampaikan dalam perencanaan ditahun 2021,” ucapnya.

Ia berupaya dengan sejumlah pasar yang ada di Aceh Selatan serta dikelola dengan baik untuk meningkatkan PAD, sehingga kenyamanan dan pemberdayaan pedagang di pasar dapat terus ditingkatkan.

“Kita akan berupaya sebaik-baiknya untuk memajukan bidang perindustrian, perdagangan, koperasi dan ukm di Aceh Selatan, sesuai dengan visi-misi Aceh Selatan Hebat, untuk itu, saran dan masukan dari berbagai pihak sangat kami harapkan,” pungkasnya.