Kluet Tengah Tercepat: Penyerahan APBG dan Pengajuan Pencairan Dana Gampong Tahap I Tahun 2021

Rameune.com - 11 January 2021
Kluet Tengah Tercepat: Penyerahan APBG dan Pengajuan Pencairan Dana Gampong Tahap I Tahun 2021
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Kluet Tengah benar-benar siap dan dinilai tercepat dalam penyerahan dan pengajuan pencairan dana Gampong tahap I tahun 2021 kepada 12 desa di kecamatan itu.

Penyerahan secara simbolis oleh Geuchik Gampong Mersak, Adamsir kepada Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) di Aula DPMG Komplek Perkantoran Aceh Selatan Bukit Gemilang Tapaktuan, Senin, (11/01/2021).

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dalam sambutan singkatnya mengatakan, pihsknya nemberikan apresiasi yang tinggi kepada camat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Selatan yang mempersiapkan persyaratan pencairan dana gampong di Kluet Tengah.

“Kami mengharapkan kepada para geuchik agar mampu mengelola keuangan dan dana gampong sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku”, kata bupati.

Dia menilai kinerja dinas dan camat telah memperlihatkan suatu prestasi “Tercepat” di Aceh dalam pencairan dana desa tahap I.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMG Aceh Selatan Hj. Agustinur, mengatakan, pihaknya yakin semua desa dapat menerima dana desa tahap I, pada bulan Januari ini.

“Sudah tersalurkan semua, ini harapan kami”, harap Hj. Agustinur.

Menurutnya, penyaluran dana desa, sesuai dengan PMK Nomor 222 tahun 2020. Bahwa dana desa terbagi dalam beberapa bagian diantaranya: Dana desa yang bersumber dari APBN Rp.205.268.000, alokasi dana gampong 10% yang bersumber dari APBK Kabupaten Aceh Selatan Rp.62.679.082 dan alokasi dari bagi hasil pajak dan bagi hasil retribusi Rp.2.951.142.741.

Dia mengingatkan, agar para kepala desa (geuchik) agar tidak bermain-main dalam penggunaan dana desa tersebut.

“Bekerja jangan dengan perasaan, tetapi harus dengan peraturan,” katanya mengingatkan para kepala desa dalam penggunaan dana desa tersebut.

Jumrah yang mewakili pendamping kecamatan, mengatakan, pihaknya bekerjasama dan sama-sama bekerja dengan camat Kluet Tengah dan para kepala desa di kecamatan Kluet Tengah dan perangkat gampong tuha peut dalam mempersiapkan dokumen pencairan dana desa tahap I itu.

“Saya mewakili para pendamping kecamatan Kluet Tengah memberikan penghargaan kepada Bapak Camat Kluet Tengah Mukhlis Anwar dan jajarannya hingga ke keuchik, atas kerjasama dan prestasi pencairan dana desa tersebut”, kata Jumrah.

Kepala KPPN Tapaktuan Khairuddin menyampaikan kesiapan dalam pencairan dana desa tersebut.

Acara turut dihadiri, Kabag Humas Setdakab Harwinta, Kepala BPKD Aceh Selatan, Samsul Bahri. SH, Kepala KPPN Tapaktuan Khairuddin, bendahara desa dan keseluruhan 12 geuchik dalam Kecamatan Kluet Tengah.

Penyerahan dana desa tersebut, ditutup dengan acara photo bersama dengan Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar