Laptop Gaming Terbaik saat ini: Asus ROG series

Rameune.com - 11 December 2022
Laptop Gaming Terbaik saat ini: Asus ROG series
  Rameune.com
Bagikan:

Laptop gaming bisa dikategorikan dalam subjek rekomendasi apabila produk laptop tersebut mampu menawarkan performa, portabilitas, dan harga yang terjangkau bagi calon pembeli.

Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa merakit sebuah PC gaming jauh lebih menghemat biaya untuk mendapatkan performa gaming yang maksimal. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang memiliki ruangan yang cukup untuk menempatkan PC rakitannya dan set-up monitor.

Dengan demikian, membeli sebuah laptop gaming adalah solusi terbaik untuk merasakan pengalaman gaming yg luar biasa secara portabel.

Anda bahkan hanya membutuhkan sebuah meja berukuran 1×1 meter untuk memainkan game dengan durasi yang lama. Ini bisa dilakukan di cafe atau dimanapun saat Anda merasa jenuh dan butuh penyegaran dengan bermain game.

Lalu mengapa saya berani menuliskan kata terbaik untuk laptop ASUS ROG series pada judul artikel ini? Tentunya ada beberapa indikator pertimbangan yang telah saya riset dan akhirnya menyimpulkan bahwa Asus ROG series memang laptop gaming terbaik yang bisa Anda pinang saat ini.

Selain itu, Asus sangat serius dalam mendukung keberlangsungan karir para gamer di nusantara dengan membentuk Komunitas gaming terbesar di Indonesia. Jadi dengan memiliki laptop Asus ROG sebagai alat gaming, Anda bisa memperoleh jaringan baru di komunitas gamer ini secara gratis. Cukup dengan mendaftarkan diri Anda pada website resmi ROG Community Indonesia.

Salah satu agenda rutin yang sering Asus adakan untuk mempersatukan gamer di seluruh Indonesia adalah dengan melaksanakan gathering.

Kriteria laptop gaming terbaik

Adapun pendekatan yang saya lakukan untuk menyimpulkan daftar laptop yang layak digunakan sebagai perangkat gaming adalah dengan mempertimbangkan kualitas desain, keyboard dan clickpad, resolusi layar, hardware, dan performa yang didapat dari hasil pengujian bermain game.

Urutan laptop gaming terbaik

Ada beberapa produk laptop Asus ROG yang layak dimasukkan ke dalam daftar laptop gaming terbaik dan telah memenuhi semua kriteria yang telah saya sebutkan diatas.

Disclaimer: Urutan berikut ini bukan berarti sebagai urutan kualitas atau ranking, akan tetapi sebagai acuan untuk mendapatkan info tentnag laptop gaming yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

1. ASUS ROG Flow X16

laptop asus rog flow x16

Laptop gaming terbaik dengan nama resmi Asus ROG Flow X16 (GV601) 2022 ini menjadi laptop pertama di dunia yang memiliki layar 16-ich serta berkonsep convertible. Selain powerful digunakan untuk gaming, ia juga memiliki portabilitas yang tinggi untuk digunakan sebagai kebutuhan multimedia. Mengingat dengan layar besar yang ditawarkan, dan bisa dioperasikan dalam bentuk tablet.

1.1 Desain dan konstruksi

ROG Flow X16 dibuat dengan bahan dasar magnesium alloy dan untuk bagian exterior nya diselimuti dengan serpihan aluminium bewarna hitam. Bahan ini tentunya akan membuat laptop tidak akan cepat panas dan juga akan menambah tampilannya lebih elegan.

Meskipun memiliki layar 16-inch, laptop ini tergolong ringan karena hanya memiliki berat 2,1 kilogram dan ketebalan 20 mm.

Disamping memiliki layar yang luas, ROG Flow X16 juga bisa berfungsi sebagai tablet. Sesuai dengan konsep convertible yang diusung oleh Asus, layarnya bisa dilipat 360 derajat sehingga memungkinkan Anda untuk menyentuh layarnya.

Jika membandingkan fungsi yang ditawarkan dengan beratnya yang hanya 2,1 kg saja, maka ROG Flow X16 memiliki desain dan konstruksi yang luar biasa. Ia juga unik mengingat tidak banyak laptop gaming terbaik lainnya yang bisa berfungsi sebagai tablet seperti ini.

Flow X16 memiliki 2 port USB-A, 2 port USB-C, audio jack, pembaca kartu micro SD, dan port 2.0b untuk kabel HDMI.

1.2 Keyboard dan clickpad

Memiliki empat tombol multimedia yang terpisah pada bagian pojok kiri atas keyboard dan tingkat kerapatan antara tombol sangat nyaman digunakan saat mengetik. Tentunya hal ini akan mengurangi kesalahan pengetikan (typo).

Keyboard Flow X16 dilengkapi dengan lampu RGB single-zone dan tidak memiliki banyak efek warna. Lampu di balik keyboard ini dapt diaktifkan kembali ketika redup hanya dengan menggeser bagian clickpad.

Berbicara mengenai clickpad, ia memiliki permukaan luas yang terbuat dari kaca. Jika dilihat sekilas, clickpad nya memiliki tekstur yang timbul, tetapi ketika disentuh itu hanyalah bagian dari ilusi yang dirancang Asus. Sebuah gebrakan desain yang sangat menarik bukan?

Saat ditekan, clickpad nya tergolong lembut dan tidak mengeluarkan efek suara klik yang keras.

1.3 Layar

Laptop Asus ROG Flow X16 memiliki layar 16-inch 16:10 yang beresolusi 2560 x 1600 dengan opsi dua panel QHD+ 16:10 IPS dan QHD+ 16:10 mini LED Nebula HDR yang dilindungi oleh Gorilla Glass.

Pengalaman bermain game akan terasa sangat maksimal dengan ketajaman layar yang dimiliki berkat teknologi Nebula display. Layarnya memiliki 165Hz refresh rate dengan level kecerahan 500nits, ditambah lagi dengan bantuan teknologi AMD FreeSync Premium Pro, membuat Flow X16 mencapai respon time hanya 3ms saja.

Jika Anda adalah seorang maniak gaming atau akan menggeluti dunia eSport, maka tanpa keraguan saya berani merekomendasikan bahwa laptop ini layak untuk dimiliki.

Saat dialihfungsikan menjadi tablet, maka untuk melakukan browsing halaman web bisa juga dilakukan dengan mode potrait. Hal ini tentunya bisa Anda lakukan bahkan saat sedang rebahan sekalipun, layaknya sebuah tablet atau smartphone pada umumnya.

1.4 Performa dan hardware

Laptop dengan nama lengkap Asus ROG Flow X16 (GV601) 2022 ini memiliki RAM sebesar 32 GB DDR5-4800 dual channel, dan ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 9 6900HS.

Laptop gaming terbaik ini didukung oleh kartu grafis Nvidia RTX 3060 dGPU with 6 GB of vRAM dan Radeon 680M iGPU yang terintegrasi dengan prosesor AMD.

Terlebih lagi, dengan adanya 1 TB ssd yang bisa membaca dan mengirim data secara cepat dengan kecepatannd 6574MB/detik and 4478MB/detik.

Bisa dipastikan, dengan memiliki jeroan seperti diatas, ROG Flow X16 bisa melibas semua aktifitas berat mulai dari gaming hingga pekerjaan kreatif lainnya seperti rendering aplikasi 3D atau video, multi-tasking, dan photo-editing. Apalagi dengan didukung nya oleh sistem operasi Windows 11 yang membuat Flow X16 lebih powerful.

Saat dilakukan pengujian pada Geekbench, prosesor AMD Ryzen 9 yang tertanam pada laptop ini berhasil meraih skor 1,556 untuk single-core test dan 10,067 multi-core test.

1.5 Spesifikasi ASUS ROG Flow X16

Main Spec. ROG Flow X16 (GV601)
CPUAMD Ryzen™ 9 6900HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.9 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz max boost)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory 32 GB DDR5-4800 RAM – up to 64 GB (2x DIMMs)
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
Display 16-inch, QHD+ (2560 x 1600) 16:10, Nebula Display, 165Hz 3ms, 500nits,
DCI-P3 100%, Pantone Validated, Adaptive Sync, Dolby Vision
Graphics
NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti
NVIDIA® GeForce RTX™ 3060
NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti
Input/Output
1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b support HDMI switch, 2x USB 3.2
Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery
G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 1x ROG XG Mobile Interface
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
AudioDolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Support
Microsoft Cortana near field/Far field, Built-in 3-microphone array, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology
Battery 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 35.5 x 24.3 x 1.94 ~ 1.94 cm
Weight2.10 Kg
Colors Off Black
Price
Rp42.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3070Ti / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)
Rp37.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)
Rp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 3050Ti / 2x8GB RAM / 512GB SSD / QHD+ 165Hz)
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Tabel 1.5 spesifikasi lengkap laptop Asus ROG Flow X16

2. Asus ROG Flow X13

ROG Flow X13 merupakan terobosan terbaru yang mengusung konsep convertible, dimana sebelumnya hal ini adalah suatu inovasi yang sangat sulit diciptakan. Akan tetapi, Asus berhasil memecahkan paradigma bahwa laptop gaming tidak bisa menggunakan desain portabel seperti tablet.

2.1 Desain dan konstruksi

Laptop Asus ROG Flow X13 (GV301RE) 2022 memiliki desain dan konstruksi yang mirip dengn X16, hanya saja berbeda dengan ukuran layarnya, yaitu 13-inch.

Sesuai dengan fungsinya yang convertible, ia bisa dilipat hingga 360 derajat untuk difungsikan sebagai tablet. Engselnya sangat kokoh sehingga Anda tidak perlu khawatir jika sering melipat perangkat ini menjadi tablet atau melipatnya kembali menjadi laptop.

Asus sudah mempertimbangkan ini secara matang sehingga berani meluncurkan produk ROG Flow X13 untuk digunakan sebagai laptop gaming terbaik 2022 dan laptop untuk menunjang pekerjaan kreatif seperti desain grafis dan video editing.

Bahan dasar ROG Flow X13 dibuat dengan menggunakan metal untuk menutup bodi dan bagian bawah laptop. Sedangkan di interior, laptop ini menggunakan bahan dasar plastik.

2.2 Keyboard dan clickpad

Saya hampir tidk bisa menemukan hal negatif pada keyboard ROG Flow X13. Dari segi jarak antar tombol yang hanya 1,7 mm dan ukuran keyboard secara keseluruhan, bisa dikatakan tanpa cela sehingga sangat nyaman digunakan untuk mengetik dalam durasi waktu yang lama.

Sama halnya dengan kakaknya X16, ROG Flow X13 juga memiliki 4 tombol multimedia pada bagian pojok kiri atas. Tombol ini dirancang khusus sebagai fungsionalitas saat bermain game, terdapat seperti tombol microphone dan kontrol volume.

Lampu dibalik keyboard atau backlight nya tersedia dengan opsi warna putih saja, menambah kesan elegan dan membantu penerangan saat mengetik di ruangan yang redup. Lampu keyboard juga dapat diaktifkan kembali saat akan padam hanya dengan mengusap bagian clickpad laptop.

Sedangkan untuk biometrik, terdapat tombol sidik jari yang diletakkan pada samping tombol power.

2.3 Layar

Jika dikalkulasikan, layar ROG Flow X13 memiliki 13,4 inch secara keseluruhan dengan resolusi layar sebesar 16:10. Disamping itu, terdapat dua opsi panel yang sudah terintegrasi dengan Adaptive Sync.

  • FHD+ 120Hz with 500+ nits of brightness and 100% sRGB colors;
  • UHD+ 60Hz with 550+ nits of brightness and 85% DCI-P3 colors.

Lalu apa yang membedakan diantara kedua panel tersebut? Jika Anda seorang gamer ekstrim, maka layar FHD+ sangat direkomendasikan. Akan tetapi, laptop ini tidak hanya diperuntukkan untuk aktifitas gaming saja, jika Anda seorang freelancer atau pekerja kreatif yang mengutamakan multitasking, multimedia, maka larar UHD+ sudah lebih dari cukup.

2.4 Performa dan hardware

Dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 9 6900HS, RAM 32 GB LPDDR5-6400 dual channel, 1 TB SSD, dan dual kartu grafis: Nvidia RTX 3050Ti dGPU 4 GB vRAM dan Radeon 680M iGPU yang sudah terintegarasi dengan prosesor AMD.

Sebagai informasi, Ryzen 9 6900HS adalah sebuah prosesor AMD Rembrandt 6000 dengan jumlah 8 Cores dan 16 Threads. Jenis prosesor ini telah mengalami beberapa perbaikan dari versi sebelumnya yaitu Ryzen 5000 yang menjadi prosesor utama pada laptop Flow X13 tahun 2021.

Untuk GPU, terdapat RDNA2 AMD Radeon 680M iGPU dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3050Ti Max-Q yang berjalan pada daya 35-40W.

RAM nya sendiri disolder permanen pada motherboard, dimana Asus menawarkan variasi RAM 8GB, 16GB, dan 32 GB. Semua variasi memorinya berbasis LPDDR-6400.

Asus ROG Flow X16 2022 memiliki kapasitas penyimpanan M.2 2230 generasi ke-4 yang diklaim bisa membaca dan mengirim data dengan kemampuan yang sangat cepat.

Asus menawarkan 4 mode profil untuk pengaturan power yang bisa diterapkan yaitu SIlent, Performance, Turbo, dan Manual.

Mode Turbo/Manual akan tersedia saat laptop dalam keadaan diisi baterai, dan ini diperuntukkan untuk memaksimalkan mode gaming. maka saat Anda akan menjalankan game berat dengan requirement yang tinggi, maka mode ini sangat disarankan untuk diaktifkan.

Mode Performance bisa digunakan saat dalam keadaan normal atau saat pengecasan baterai untuk memaksimalkan performa, sedangkan mode Silent dirancang untuk laptop dalam penggunaan ringan seperti saat membuat atau mengedit dokumen.

2.4.1 Performa gaming

Teknologi MUX yang ada pada laptop ROG Flow X13 memungkinkan penggunanya untuk memilih antara mode Hybrid dan dGPU. Pengaturan ini bisa diatur pada menu Armoury Crate >> System >> GPU Power saving, yang akan berpengaruh besar ke performa gaming saat baterai diisi.

Dengan adanya fitur layar FHD+ 120Hz dan MUX, maka dipastikan Flow X13 bisa menjalankan game-game berat dengan lancar. Adapun kualitas gambar yang bisa didapatkan adalah medium atau bahkan bisa dijalankan dengan kualitas ultra.

Contohnya saja saat dijalankan game Far Cry 5 (DX 11, Ultra Preset, SMAA) pada mode FHD+ turbo, laptop gaming terbaik ini bisa meraih 61fps. Sebuah hasil pengujian yang diidamkan oleh para gamer.

2.5 Spesifikasi Asus ROG Flow X13

Main Spec. ROG Flow X13 (GV301RE)
CPUAMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up
to 4.7 GHz max boost)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory2x8GB LPDDR5 6400MHz
Storage1TB/512GB M.2 2230 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
Display13.4”, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, Touchscreen, 100% sRGB, 120Hz,
Adaptive Sync, Mux Switch, Stylus-compatible, Dolby Vision
GraphicsNVIDIA GeForce RTX 3050 Ti
AMD Radeon 680M
Input/Output1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB
3.2 Gen 1 Type-A, 1x ROG XG Mobile Interface, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery
Camera720P HD camera
ConnectivityWi-Fi 6E (802.11ax) + Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio Built-in 3D array microphone with two-way AI noise-cancelling, Dolby Atmos
Battery 62WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 29.9 x 22.2 x 1.58 ~ 1.58 cm
Weight 1.30 Kg
Colors Off Black
Price Rp22.999.000 (Ryzen 7/Radeon 680M/FHD 120Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)
Rp29.499.000 (Ryzen 7/RTX 3050Ti/FHD 120Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Tabel 2.5 spesifikasi lengkap laptop Asus ROG Flow X13

3. Asus ROG Flow Z13

asus rog flow z13

Laptop Asus ROG Flow Z13 (GZ301ZE) adalah laptop compact dengan ukuran 13-inch yang sangat powerful Anda gunakan sebagai senjata utama untuk bermain game. Selain itu, ia juga convertible sebagai tablet seperti 2 produk yang telah kita bahas sebelumnya.

Jeroan yang tertanam pada laptop ini pun bukan perangkat keras abal-abal, mengingat prosesor Core i9-12900H adalah salah satu CPU terbaik saat ini untuk kebutuhan gaming. Apalagi ditambah dengan dukungan kartu grafis RTX 3050Ti dGPU.

Jika Anda sudah nyaman menggunakan laptop dengan ukuran 13-inch dan membutuhkannya untuk menjalankan game atau aplikasi berat, maka ROG Flow Z13 adalah produk yang cocok untuk dimiliki.

Anda bisa mempertimbangkan produk yang satu ini jika sering mengoperasikan Flow Z13 untuk melakukan pekerjaan, apalagi tingkay konsumsi daya baterai pada prosesor intel generasi ke-12 tergolong sangat irit.

3.1 Desain dan konstruksi

Salah satu jenis desain laptop gaming yang ciamik saat ini. Layar Asus ROG Flow Z13 bisa dibongkar-pasang dari body nya. Jadi Anda tidak perlu melipat layar jika ingin menjadikannnya sebagai sebuah tablet.

Pada bagian belakang casing laptop, terdapat sebuah jendela kecil yang dapat menimbulkan pantulan cahaya, layaknya lampu yang menerangi keyboard (backlight). Ini pertanda bahwa Flow Z13 sudah mendukung teknologi Aura Sync.

Tak ketinggalan pula, logo Republic of Gamers disematkan pada bagian atas yang diapit oleh dua kipas pendingin

Laptop ini memiliki berat 1.185 kg dan mencapai 1.5 kg saat keyboard dipasangkan. Bila dibandingkan dengan jenis ultrabook atau laptop convertible lainnya, ROG Flow Z13 jauh lebih ringan dan lebih portable.

Asus menyematkan dua port USB-C pada unit laptop ini di sebelah kiri. Sedangkan pada bagian sebelah kanan, terdapat satu buah port USB-A dan jack. Adapun pada bagian belakangnya terdapat sebuah port pembaca kartu microSD.

3.2 Keyboard dan clickpad

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, keyboard pada laptop ROG Flow Z13 bisa dilepas atau dikenal dengan nama keyboard folio. Begitu juga halnya dengan clickpad yang sudah menyatu dengan bagian folio itu sendiri.

Untuk menymbungkan keyboard folio bisa digunakan dengan sebuah kabel/konektor yang tentunya ini lebih cepat bila dibandingkan dengan konektifitas dari sebuah bluetooth. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan tejadi delay saat melakukan aktifitas mengetik.

Saat digunakan untuk mengetik, laptop ini pun tidak mengalami delay atau kendala lainnya. Pengalaman yang ditawarkan sama seperti keyboard laptop Asus ROG Flow X13.

Clickpad nya terbuat dari bahan dasar plastik, memiliki permukaan apik dengan gestur yang sangat nyaman untuk digunakan. Saya berpendapat bahwa Anda tidak membutuhkan mouse untuk mengoperasikan latop ini, mengingat gesture yang ditawarkan dari clickpad Flow Z13 sudah lebih dari cukup.

Sama seperti halnya Flow X13, kemananan biometrik Flow Z13berupa tombol sidik jari terdapat disamping tombol power.

3.3 Layar

Laptop Z13 hadir dengan layar 13.4-inch dan layar sentuh jenis IPS dengan aspek rasio16:10, ia memiliki dua opsi panel, yaitu:

  • FHD+ 120Hz with 500+ nits of brightness and 100% sRGB colors;
  • UHD+ 60Hz with 550+ nits of brightness and 85% DCI-P3 colors.

Layar FHD+ pada Flow Z13 dengan refresh rate sebesar 120 Hz sangat mumpuni untuk melibas game-game berat. Apalagi sudah terintegrasi dengan teknologi Adaptive Sync, jadi Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kendala lagging/patah-patah saat bermain game.

Refresh rate dengan versi 120 Hz akan aktif saat laptop dalam keadaan dicas, dan secara otomatis akan beralih ke 60 Hz saat charger dicabut.

Adapun indikator saat peralihan, layar akan berubah menjadi warna hitam selama satu detik saat refresh rate nya berubah.

Tapi Anda tetap bisa mengatur refresh rate yang diinginkan pada aplikasi Armoury Crate. Cukup dengan menonaktifkan “Energy-saving panel”, maka frekuensi 120 Hz akan tetap aktif meskipun laptop ROG Flow Z13 dalam keadaan tidak cas.

3.4 Performa dan hardware

Dibekali dengan prosesor Intel Core i9-12900H, RAM 16GB LPDDR5-5200 dual channel, SSD kapasitas 1 TB , dan dual graphic: Nvidia RTX 3050Ti dGPU 4 GB vRAM dan Iris Xe iGPU.

Seperti diketahui, prosesor yang disematkan pada Flow Z13 memiliki 14 Core dan 20 Threads yang merupakan platform chip mobile tercepat generasi ke-12 dari Intel ALder Lake.

GPU Iris Xe dan RTX 3050Ti dGPU, serta ditambah dengan fitur MUX menjadikan performa laptop semakin maksimal saat digunakan untuk bermain game. Alhasil, clock rate nya pun tergolong tinggi saat pengujian, dimana mencapai 5.0 GHz.

Game-game modern pun yang membutuhkan spesifikasi tinggi untuk dijalankan akan terasa lancar dengan setingan grafik medium atau bahkan ultra pada ROG Flow Z13. Tentunya performa ini dibantu oleh teknologi MUX dan kualitas layar FHD+ 120Hz display.

Dota 2, Far Cry 5, Metro Exodus, Red Dead Redemption 2, dan The Witcher 3 berjalan tanpa kendala dengan menerapkan grafik ultra. Bahkan untuk Dota 2 sendiri, memperoleh hasil 90fps saat dimainkan.

3.5 Spesifiksasi Asus ROG Flow Z13

Main Spec. ASUS ROG Flow Z13 GZ301ZE 2-in-1 gaming tablet
CPUIntel 12th gen Alder Lake, up to Core i9-12900H, 6C+8c/20T
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16 GB LPDDR5-5200 (soldered)
Storage1x 1 TB SSD (M.2 2230 PCIe 4.0 x4 slot)
Display13.4-inch, 16:10 format, touch, glossy with Gorilla Glass, 2 panel options:
FHD+ 1920 x 1200 px IPS 120 Hz, 100% sRGB, 500-nits, Pantone validated
UHD+ 3840 x 2400 px IPS 60 Hz, 85% DCI-P3, 550-nits, Pantone validated
GraphicsIntel Iris Xe + Nvidia GeForce RTX 3050Ti 35-40W 4GB GDDR6,
with MUX and Adaptive Sync
Input/Output1x USB-C gen2 with Thunderbolt 4, 1x USB-C 3.2 gen2 with data, DP 1.4 and charging, 1x ROG XG Mobile Interface, 1x USB-A 2.0, microSD card reader, headphone/mic
Camera8MP camera (rear) and 720P HD camera (front)
ConnectivityWireless 6E (Intel AX211) 2×2, Bluetooth 5.2
Audio Built-in array microphone with AI noise-cancelling, harman/kardon certified
audio
Battery 56 Wh, 100 W USB-C power adapter
Dimension 303 mm or 11.92” (w) x 205 mm or 8.07” (d) x 12 mm or .47” (h)
17.6 mm or .69″ (h) with the keyboard folio
Weight 1.19 Kg
Colors Black
Price Rp23.999.000 (Core i5 / Iris Xe / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 512GB SSD)
Rp28.499.000 (Core i7 / RTX 3050 / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 512GB SSD)
Rp32.999.000 (Core i9 / RTX 3050 Ti / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 1TB SSD)
Rp34.999.000 (Core i9 / RTX 3050 Ti / 4K 60Hz / 2x8GB RAM / 1TB SSD)
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Tabel 3.5 spesifikasi lengkap laptop Asus ROG Flow Z13

4. Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition

asus rog strix scar 17 special edition

Berbeda dengan beberapa laptop gaming terbaik yang telah kita ulas sebelumnya, ROG Strix SCAR 17 Special Edition ini memiliki layar seluas 17.3-inch. Ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 dengan pilihan GPU NVIDIA RTX 3070 Ti dan RTX 3080 Ti serta memiliki refresh rate sebanyak 240 GHz. Saya yakin Anda akan betah lama-lama memandangi layar laptop ini baik untuk kebutuhan multimedia atau bermain game.

4.1 Desain dan konstruksi

Sesuai dengan namanya special edition, Scar 17 SE memiliki desain yang sangat unik. Pada bodinya terdapat ukiran fitur “invisible ink”. Dimana ukiran tinta yang dimaksud akan terlihat saat laptop ini terpapar sinar UV. Desain ini bukan tanpa makna, melainkan sebuah hint atau petunjuk untuk menyelesaikan salah satu game yang terdapat di Steam, Citadel XV

4.2 Keyboard dan clickpad

Serupa dengan seri ROG andalan lainnya, Scar SE juga memiliki tombol terpisah yang diperuntukkan untuk bermain game seperti tombol mickrofon, kontrol volume, dan Armoury Crate.

Tombol pintas ini akan membantu banyak para gamer saat berada di dalam game, terlebih lagi seperti game kategori MOBA yang melibatkan komunikasi antar tim. Sehingga tombol untuk menghidupkan atau mematikan mikrofon sudah menjadi suatu kebutuhan.

Untuk travel distance keyboard nya pun Asus merancang dengan kerenggangan 2.0mm sehingga membuat pengguna secara nyaman bisa menggunakan tombol tanpa mengalami kendala.

Adapun teknologi Overstroke yang disematkan pada keyboard ini membuat output nya semakin akurat. Sehingga untuk melakukan pekerjaan pun, Asus ROG Strix Scar 17 SE juga sangat direkomendasikan.

4.3 Layar

Untuk menunjang kebutuhan gaming kelas berat tanpa efek tearing, Scar SE telah didukung oleh teknologi Dolby Vision dan Adaptive Sync. Resolusi dari WQHD (2560 x 1440) 16:9 sendiri juga memiliki refresh rate yang sangat tinggi, yaitu 240Hz dengan response time 3ms.

Untuk opsi panel layar pada laptop ROG ini hanya tersedia dalam satu opsi saja.

4.4 Performa dan hardware

Asus meluncurkan ROG Strix SCAR 17 Special Edition ini dengan menyematkan prosesor Intel Core i9-12950HX didalamnya. Saat ini digadang sebagai prosesor yang paling powerful di jagat raya dan merupakan seri dari Alder Lake-S.

Dengan memiliki daya prosesor sebesar 65 W, 8 Perfomance Core (P-cores) yang bisa mencapai clock rate sebesar 5.2 GHz, 8 Efficiency Core (E-cores) memperoleh 3.6 GHZ, dan memiliki 24 Threads. RAM yang ditawarkan adalah sebesar 32 GB DDR5-4800 dual channel.

Diatas kertas, laptop ROG Strix SCAR 17 SE akan melibas semua game modern tanpa kendala.

Saat dilakukan pengujian multithreading menggunakan mode Turbo pada Cinebench R23, ROG Strix SCAR 17 SE berhasil meraih skor 22,257. Hasil yang sangat fantastis dari sebuah laptop gaming bukan?

Adapun untuk SSD nya sendiri adalah generasi ke-4 dengan konfigurasi RAID 0, secara mengejutkan berhasil membaca data dengan kecepatan 7000MB/s. Tentunya raihan skor ini akan membantu banyak saat sebuah game dimainkan dengan grafis ultra.

4.5 Spesifikasi Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition

Main Spec. ROG Strix SCAR 17 Special Edition (G733C)
CPU12th Gen Intel® Core™ i9-12950HX Processor 2.3 GHz (30M Cache, up to 5.0
GHz, 16 cores: 8 P-cores and 8 E-cores)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory2x16GB LPDDR5
Storage2TB M.2 2230 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
1TB M.2 2230 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
Display17.3”, WQHD (2560 x 1440) 16:9, 100% DCI-P3, 240Hz 3ms, Adaptive Sync,
Mux Switch, Dolby Vision
GraphicsNVIDIA® GeForce RTX™ 3080Ti
NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti
Input/Output1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.1, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB
3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™
Camera
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio Dolby Atmos, AI noise-cancelling technology, Hi-Res certification, Built-in array
microphone, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology
Battery 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 39.5 x 28.2 x 2.34 ~ 2.83 cm
Weight 3.10 Kg
Colors Off Black
Price Rp48.999.000 (Core i9 / RTX 3070Ti / 2x16GB RAM / 1TB SSD / QHD 144Hz)
Rp66.999.000 (Core i9 / RTX 3080Ti / 2x16GB RAM / 2TB SSD / QHD 144Hz)
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Tabel 4.5 spesifikasi lengkap laptop Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition

Kesimpulan

Setelah menilai beberapa produk laptop besutan Asus diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa Asus sangat serius dalam menciptakan inovasi laptop di industri gaming. Tentunya semua produk telah melewati hasil pengujian, dan layak untuk digunakan sebagai alat utama bagi para gamer di seluruh dunia. Maka tidak heran bila Asus ROG Series merupakan laptop yang dirancang sebagai laptop gaming terbaik.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar