Motif Situnjong Cenderamata Khas Aceh Selatan

Rameune.com - January 20, 2021
Motif Situnjong Cenderamata Khas Aceh Selatan
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Setelah menuai prestasi luar biasa di tingkat provinsi, Dekranasda Aceh Selatan yang diketuai oleh Kailida Amran memunculkan motif bungong Situnjong.

Motif adat ini dipastikan menjadi primadona baru dalam dunia cenderamata di Aceh, khususnya di Aceh Selatan.

Sebagaimana diketahui, produk motif Situnjong berhasil menjadi juara pertama dalam Rakerda Dekranasda Aceh kategori produk unggulan, beberapa waktu yang lalu.

Berbagai produk souvenir mulai terhias oleh motif menawan ini.

“Ada baju, jilbab, kain, tas, dompet dan peci bahkan batu marmer terlihat begitu estetik dalam bordiran, pahatan, sablonan dan ukiran motif khas Aceh Selatan ini,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan UKM  Aceh Selatan, T. Harida Aslim, SE.,MM, Rabu (20/01/2021).

Dia  berharap peluang ini dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat pengrajin UMKM karena disamping berdampak kepada pemberdayaan ekonomi, kehadiran ragam cenderamata bermotif Situnjong ini juga akan memberi pengaruh besar terhadap dunia pariwisata kita.

Hal ini senada Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP.,M.Sc yang menyebutkan bahwa dunia wisata terasa hambar tanpa souvenir atau oleh-oleh khas.

Untuk itu pihaknya melalui unit Inkubator Bisnis Politeknik Aceh Selatan turut berpartisipasi aktif dalam mengembangkan motif khas tersebut.

Menurut Yasar yang juga merupakan dosen tetap Universitas Syiah Kuala itu, Aceh Selatan sangat kaya dengan nilai-nilai adat istiadat dan budayanya.

Kemunculan corak bunga situnjong, pasti mampu menjadi stimulus bagi masyarakat khas Aceh Selatan.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar