Pembukaan PKU Angkatan I Tahun 2021 MPU Aceh Selatan

Rameune.com - 27 May 2021
Pembukaan PKU Angkatan I Tahun 2021 MPU Aceh Selatan
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Pelatihan Kader Ulama (PKU) angkatan I Tahun 2021 Majelis Permusyawaratan Ulama Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (27/05/2021), dubuka resmi oleh Asisten I Pemkab Aceh Selatan Erwiandi, S.Sos, M.Si atan nama Bupati Aceh Selatan.

Acara Ini juga dihadiri oleh Kapolres Aceh Selatan diwakili oleh Kasat Intel, Dandim 0107 yang diwakili oleh Mayor Abdurrahim, mewakili Kajari dan unsur Forkopimda lainnya.

Kegiatan PKU ini diikuti oleh 36 peserta yang merupakan utusan dari setiap kecamatan yang ada dalam kabuoaten Aceh Selatan. Masing-masing kecamatan mengirimkan 2 orang santri senior sebagai peserta dalam PKU.

PKU akan berlangsung selama 20 hari, yang dibagi dalam kegiatan dalam Belajar dalam kelas dan kegiatan Observasi lapangan.

Adapun materi yang diberikan dalam PKU adalah, fiqh muqaran, ilmu Akhlak dan Tasawuf, Ushul Fiqh, ilmu Faraidh, Ilmu dakwah dan komunikasi, ilmu Tauhid dan Aqidah, ilmu tajwid dan Tafsir, Ilmu Hadist, Bahasa Arab, Tarikh dan peradaban Islam dan ilmu kewirausahaan dalam Islam.

Karena situasi dan kondisi yang sedang terjadi saat ini maka ada materi substitusi yang penting untuk diketahui oleh peserta yaitu Penyuluhan pencegahan Narkoba yang disampaikan oleh BNNK Aceh Selatan dan materi Sosialisasi pencegahan Covid 19 yg disampaikan oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang Aceh Selatan, sebut Ketua Pelaksana kegiatan Teuku Masrizar, S. Hut,. M. Si.

Ketua MPU Aceh Selatan Tgk. H. T. Armia Ahmad dalam pidato iftitahnya, menyampaikan harapan kepada seluruh peserta PKU (Pendidikan Kader Ulama) untuk mengikuti proses PKU dengan tekun dan serius, karena cukup banyak ulama-ulama yang telah wafat dan sangat sulit mencari ganti mereka, setidaknya PKU menjadi salah satu wadah dalam mengkaderkan generasi muda untuk menjadi pengganti para ulama.

Dalam arahannya Bupati Aceh Selatan yang disampaikan oleh Asissten I Erwiandi, S. Sos,. M. Si, Pendidikan Kader Ulama sangat penting untuk dilakukan selain untuk mencetak kader ulama juga untuk syiar Islam dan dituntut peserta sekalian untuk serius dan sungguh-sungguh dalam mengikutinya.

Setelah selesai seremoni pembukaan ditutup dengan makan siang bersama.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar