Penghujung Tahun 2021, Pemkab Aceh Selatan Lantik 306 ASN dan disumpah Jabatan Fungsional

Rameune.com - 31 December 2021
Penghujung Tahun 2021, Pemkab Aceh Selatan Lantik 306 ASN dan disumpah Jabatan Fungsional
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Bupati Aceh Selatan, Tgk.Amran yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Cut Syamzalisma, S.STP melantik sebanyak 306 orang PNS di Lingkup Aceh Selatan, bertempat di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Jumat (31/12/202).

Pengukuhan itu, sesuai dengan amanat Menpan RB Nomor 17 tahun 2021 terkait penyederhanaan birokrasi, penyetaraan jabatan struktural ke jabatan fungsional.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional ini melalui mekanisme pemerataan dari adminitrasi kedalam jabatan fungsional. Adapun prosesi pelantikan tersebut juga dihadiri oleh, Ka Inspektorat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, para SKPK dan undangan lainnya.

Baca Juga:  Antisipasi Narkoba Masuk Kampus, BNNK Aceh Selatan dan Poltas Gelar Talk Show

Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP mengatakan, penyederhanaan birokrasi adalah bagian dari proses penataan birokrasi, untuk mewujudkan sistim penyelenggaraan pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien melalui penyederhanaan struktur organisasi, penyetaraan jabatan dan penyesuaian sistim kerja.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sebagai pelaksana otonomi daerah sangat membutuhkan sumber daya manusia aparatur pemerintah daerah yang memiliki mentalitas, kemampuan dan kecakapan dan profesional tinggi dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Baca Juga:  Aceh Selatan Terima 2 Penghargaan Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia

Oleh karena itu, kata Cut Syazalisma, jabatan fungsional merupakan jabatan yang berisi fungsi dan tugas pelayanan fungsional yang memiliki karateristik tertentu, maka PNS yang bersangkutan harus memantapkan diri untuk berkarir dijabatan tersebut.

“Harapan kami kepada ASN yang dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini, agar memahami tupoksinya, paham dengan pekerjaannya, serta paham dengan hak dan tanggung jawabnya, karena indikator keberhasilan kinerja adalah ketika kita menjalankan tupoksinya dengan baik dan benar,” tutupnya.

Baca Juga:  Aceh Selatan Juara API Award 2021, Direktur Poltas Minta Pemerintah Pusat Perhatikan Sektor Pariwisata Asel

Sementara, Kepala BKPSDM Aceh Selatan Ilham Syahputra mengatakan, Pemerintah daerah diwajibkan mengalihkan jabatan struktural ke jabatan fungsional selambat-lambatnya pada tanggal 31 Desember 2031.

“Bila tidak dilaksanakan, sebagaimana surat Mendagri Tito Karnavian per 32 Desember 2021, maka transfer dana DAU akan terkendala,” ujarnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar