Reformasi Pelayanan Publik Melalui Implementasi Kebijakan Smart City Di Kota Subulussalam

Rameune.com - January 16, 2021
Reformasi Pelayanan Publik Melalui Implementasi Kebijakan Smart City Di Kota Subulussalam
  Rameune.com
Penulis
|
Editor

Reformasi Pelayanan Publik Melalui Implementasi Kebijakan Smart City
Di Kota Subulussalam
Oleh: Aldi Cahyadi Cibro

Seiring dengan perkembangan zaman dan pertumbuhan penduduk yang relatif sangat cepat menimbulkan berbagai kesenjangan sosial dan permasalahan di kota, seperti berkaca pada permasalahan kurangnya ketersediaan informasi yang transparan dan akuntabel, kualitas pelayanan yang menurun dan semakin buruk, tidak adanya ketersediaan lahan pemukiman yang indah sesuai tata kelola kota yang baik, terjadinya peningkatan angka kriminalitas yang setiap hari hampir terjadi, permasalahan menumpuknya sampah yang setiap hari semakin meningkat, serta masalah-masalah dan kesenjangan sosial lainnya yang tentunya memberikan dampak buruk dan menciptakan keadaan sosial yang tidak kondusif terhadap pelaksanaan pemerintahan di kota.

Pemerintah daerah Kota Subulussalam dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setiap pemerintahan daerah diberikan hak dan kewajiban untuk mengatur serta mengurus urusan pemerintahan menurut asas otonomi serta memperhatikan prinsip demokrasi, dengan satu tujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan, pelayanan serta pemberdayaan peran masyarakat untuk meningkatkan daya saing daerah sesuai dengan keistimewaan dan kekhususan suatu daerah tersebut dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut menjadi sebuah tantangan dan tugas bagi pemerintah daerah Kota Subulussalam untuk dapat memberikan layanan yang efektif dan efisien serta cepat tanggap kepada masyarakat secara menyeluruh. Sebagai bentuk perhatian dan keinginannya untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, Wali Kota Subulussalam H Affan Alfian Bintang, SE merealisasikan program unggulannya membangun kota cerdas berbasis IT (smart city).

Saat ini, kebutuhan akan adanya informasi yang mudah diakses, cepat, tepat dan akurat menjadi salah satu dasar untuk pengembangan serta pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan pemerintahan daerah. Dengan adanya program unggulan ini menjadi batu loncatan untuk pemerintah Kota Subulussalam bertransformasi dan melakukan reformasi menjadi pemerintahan yang sigap dan responsif dengan perkembangan zaman dan tidak kaku dalam menggunakan teknologi informasi (IPTEK) di setiap sendi kehidupan pemerintahan serta akan dengan mudah menyediakan layanan yang dapat diakses masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan pemerintah yang bersih dengan keterbukaan informasi.

Keadaan sosial dan pemerintahan Kota Subulussalam saat ini mendeskripsikan tingginya dinamika kehidupan sosial sehingga melahirkan harapan warga yang semakin meningkat.

Sementara disisi lain pemerintah kota memiliki keterbatasan untuk mengimplementasikan kebijakan smart city Kota Subulussalam secara total, seperti masalah yang dihadapi dalam penerapan konsep smart city di Kota Subulussalam ini antara lain:

  1. Kurangnya ketersediaan sarana pengembangan teknologi informasi komunikasi di Kota Subulussalam, pentingnya sarana pengembangan teknologi informasi dan komunikasi ini berperan penting dalam penerapan konsep berikut tersebut alam sehingga kedepannya pemerintah Kota Subulussalam mencoba untuk kompleksitas kembali alat-alat yang akan dibutuhkan dan digunakan dalam penerapan konsep smart city.
  2. Sumber daya manusia yang mengerti dengan teknologi informasi dan komunikasi secara substansial.
  3. Kurangnya pengalokasian dana besar-besaran untuk penerapan konsep smart city di Kota Subulussalam.

Kita berharap kedepannya implementasi kebijakan smart city Kota Subulussalam ini dapat menjadi batu loncatan yang mengantarkan Kota Subulussalam sebagai kota yang responsif terhadap pelayanan publik kepada masyarakat di Kota Subulussalam.

Selain itu juga upaya penerapan konsep smart city di Kota Subulussalam ini tentunya akan dapat menguntungkan terhadap bagaimana pemberian pelayanan kepada seluruh masyarakat di Kota Subulussalam.

Pemerintah Kota Subulussalam dapat dengan mudah memberikan dan menyalurkan informasi informasi terkait pelayanan ataupun kebijakan terbaru yang sedang dilakukan bahkan juga tentang pelaporan kegiatan, sehingga masyarakat Kota Subulussalam dapat dengan mudah merasakan transparansi dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Subulussalam.

Penulis merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

BIODATA PENULIS

Nama : Aldi Cahyadi Cibro
Tempat, Tanggal Lahir : Subulussalam, 28 Januari 2000.
Nama Orang Tua: Alm Cahaya Cibro & Nur Jamiyah.
Jenis Kelamin : Laki-laki.
Alamat : Belegen Mulia, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam
No Handphone : 082160152089.
Pendidikan Terakhir : Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Kota Banda Aceh (On Going).