Penyebab dan Solusi Playstore Error di Xiaomi

Karena HP berslogan harga murah dan rakyat, jelas pengguna ponsel Xiaomi tidaklah sedikit di Indonesia ini. Namun bagaimana kalian para Xiaomi kalau mengalami Playstorenya tiba tiba eror loading saja, tidak bisa dibuka, force cclose dan semacamnya?

Tentu hal tersebut tidak mengenakan dan tidak hanya terjadi pada ponsel Xiaomi kok, namun memang rentan terjadi di HP Xiaomi karena tergolong paling sering update versi Sistemnya.

Jadi bagi kalian kalian yang punya HP Xiaomi dan playstorenya sedang eror saat ini, tidak perlu panic karena admin akan memberikan solusinya disertai apa saja yang enyebabkan itu terjadi. Yuk langsung saja disimak tanpa basa basi berikut ini yang kami sadur dari hafalandroid.id.

Takut playstore atau aplikasi penting di xiaomi kamu terhapus? Silakan baca : cara menyembunyikan aplikasi di xiaomi

Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Sebelum kita tahu seperti apa solusi mengatasi playstore yang eror di hp xiaomi tersebut, tentu kita wajib ngerti juga apa sih yang jadi sebab hal eror ini terjadi agar tidak kembali terulang di kemudian hari. Antara lain yaitu :

1. OS Kalian Tidak Dalam Kondisi Baik

Nah sebab pertaam yang paling sering membuat Playstore eror yaitu suatu Sistem Operasi atua biasa kita sebut OS ada crash dan tidak fresh sehingga bisa menyebabkan masalah pada playstore ataupun aplikasi

Karena seperti yang kita tahu Xiaomi merupakan ponsel OS Android yang memakai MIUI sebagai tampilan utamanya, sehingga kita harus terus mengikuti Update Xiaomi agar tidak membuat sistem OS bermasalah saat telat update.

Hal ini ejals pernah admin alami meski bukan di HP admin sendiri yaitu di HP teman yang mana playstorenya tidak bisa dibuka selalu loading saat mau memperbarui aplikasi WAnya, sehingga bingung sendiri admin telusui eh versi MIUInya ga diupdate udah 7 bulan gaes haha.

Jadi pastikan update sellau ya agar tidak menggangu kinerja OSnya yang harusnya dari Kitkat dapat Nougat eh malah diem aja.

2. Play Store Error

Hal yang jadi penyebab berikutnya yaitu ini murni kesalahan dari pihak Play store sendiri yaitu Playstore yang eror dari server utama tidak bisa kta salahkan.

Hanya saja playstore ror di XIoami ini juga rentnag terjadi karena korupnya data disana, seperti yang admin jelaskna mungkin karena telat update eh meski sudah diupdate masih macet bisa jadi karena terlalu lama menumpuk datanya korup tidak karuan.

Solusinya yaitu silakan hapus saja data aplikasi playstore lewat pengaturan, lalu klik Clear Data / Cache.

3. Memory Penuh

Penyebab yang terkahir yaitu ketika memory penuh, sebab apliaksi apapun termasuk Playstore pasti memerlukan sebuah penyimapnan karena harus selalu ada cahce atua data yang dikelola.

Nah ketika memory penyimpanan yang jadi kinerjanya penuh secar aotomatis aplikasi akan stuck berjalan di situ saja. Slaah satu yang termasuk yaitu ke aplikasi playstore, jadi pastikan kalian selalu menyediakan ruang kosong paling tidka diatas 500MB – 1GB di ponselnya ya.

Cara Mengatasi Playstore Eror di Xiaomi

Seusai kita tahu apa saja sebabnya, sekarang hayuk kita buat hal tersebut bisa hilang yang antar alain cara caranya yakni sebagai berikut :

1. Log Out dan Login ke AKun Google

Pernah sekali melakukan log out dari akun Google langsung membuat Playstor ebisa berjalan normal, hal ini mungkin bisa disebabkan bua tkalian yang sering login 1 akun google playstore namun di HP banyak alias sering gonta ganti.

Sehingga mungkin saja Sinkronisasi data menajdi rumit dan tidak berofkus pada 1 playstore yang saat ini dijalankan. Alhasil kalian hanya tinggal keluar / logout akun Googlenya lalu masuk kembali dan coba buka kembali playstorenya.

2. Hapus Data Google Play

Sebagaimana yang admin jelaskna juga pada bagian sebab sebab yang membuat Google Play Store eror yaitu isa saat data korup sehingga solusinya menghapus saja data aplikasi tersebut baik Cache atau Datanya.

3. Update MIUI

Sama halnya poin 2 yang mana ini juga admin jelaskan pada bagian sebab playstore eror, yaitumungkin sistem OS bermasalah karena Sistem MIUI yang jadi pengendali OS telah kadaluarsa sehingga kalian hanya perlu perbarui saja agar kinerja OS kembali maksimal dan up to date tntunya.

4. Instal Ulang Aplikasi Google Playstore

Solsui cukup ekstrem yang bisa kalian lakukan selanjutnya yaitu menghapus lalu instal kembaliapliaksi Playstore di Android kalian agar apliaksi kembali fresh dan paling terbaru sehingga eror eror yang ada sebelumya pun hilang tak tersisa.

Bisa dipastikan dengna cara ini prosentasi playstore erornya tidak akan terjadi kembali

5. Reset Data Pabrik / Factory Reset HP

Nah ini dia solusi paling ekstrem disbanding poin 4 yaitu langsung mereset data ulang HP kita yang mana ini akan menghapus tidak hanya setelan playstore melainkan beragam aplikasi lainnya sekaligus sistem agar kembali keawal Layaknya hp baru.

Itu saja beberap poin poin sebab serta solusi atasi plastore eror di Xioami, kalau kalian ada tambahan atau yang mau ditanyakan sangat mimin tunggu dikomentar ya hehe, sampai jumpaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *