Tingkatkan Kompetensi Pemuda, Pemkab Asel Gelar Pelatihan

Rameune.com - 26 February 2021
Tingkatkan Kompetensi Pemuda, Pemkab Asel Gelar Pelatihan
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran membuka 6 paket pelatihan berbasis kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Aceh Selatan secara resmi, Jum’at (26/07/2021).

Dalam sambutannya, Tgk Amran mengatakan, kompetensi itu sebagai kata kunci penting di dunia kerja saat ini, karena selain untuk meningkatkan daya saing produktifitas, dan juga berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tuntutan dunia kerja semakin hari semakin meningkat, maka dengan adanya pelatihan ini, bisa meningkatkan program unggulan Aceh Selatan.

Seterusnya, Tgk Amran mengatakan, program pelatihan berbasis kompetensi akan membantu menurunkan angka pengangguran, kemiskinan, karena dengan mengikuti pelatihan berbasis kompetensi peserta diharapkan bisa menjadi lebih kompeten dan berkualitas, sehingga bisa diserap di dunia industri dan berwirausaha.

Baca Juga:  Masyarakat Komplain kinerja ULP PLN Peureulak Yang Tidak transparan dan Stabil

Lanjutnya, kedepan akan kita usahakan pelatihan yang sangat dibutuhkan, khususnya di daerah. Ditengah keterpurukan ekonomi nasional covid 19 ini, kita harus mampu bangkit untuk menata kembali aktifitas ekonomi, kita harus mampu berdiri menciptakan lapangan pekerjaan, serta mempunyai keterampilan.

Tgk Amran sangat berharap, kepada peserta agar ilmu yang sudah didapatkan bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya, dan harus terampil serta harus bisa dikembangkan dan membuka usaha-usaha di mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga:  Tingkatkan Sinergitas Dengan APH, RUPBASAN Kelas I Banda Aceh Lakukan Koordinasi Dengan BNN Provinsi Aceh

Kemudian Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Masriadi S.STP., M.Si mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi ini, bersumber dari Dana APBN 2021, dengan program pelatihan Service Sepeda Motor Injeksi 1 Paket, Teknisi Refrigersi Domistik 1 Paket, Menjahit Pakaian dengan Mesin 2 Paket, Pembuatan Roti dan Kue 1 Paket, Juru Las 1 SMAW 1 Paket. Adapun Peserta yang hadir sebanyak 96 orang.

Kami juga sudah mengusulkan kepada Pusat untuk Dana APBN, serta dana APBA mengusulkan tahun depan agar bisa membuka pelatihan berbasis kompetensi yang lebih inovasi dan kebutuhan pasar seperti Pelatihan Teknisi HP, Pelatihan Perakitan Komputer, Bisnis Marketing/Bisnis Online, jelasnya.

Baca Juga:  Dom Drien Tradisi Durian Party di Aceh Selatan

Hadiri Anggota DPRK Asmara, H. Baital Mukadis, Camat Kluet Utara Misbah, S. Ag, Kabag Protokol Deka Haswinta, S. Kom, Kasubbag Protokol Ulfah Khairiyah, SE, Kepala BPKD Syamsul Bahri, Kabid Naker Zuna Wanis S.STP, M. Ec. Dev dan Mukim Asahan M. Amin, serta para undangan lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar