Lakukan Tips Ini Agar Dana Insentif Prakerja Cepat Cair

Rameune.com - August 29, 2020
Lakukan Tips Ini Agar Dana Insentif Prakerja Cepat Cair
  (Halaman dasboard www.prakerja.go.id)

Sudah lama saya tidak menulis di blog yang satu ini, mengingat banyak sekali rutinitas di dunia nyata yang harus saya lakukan. Sebenarnya saya bingung harus memulai artikel ini menggunakan kalimat pembuka seperti apa. Tapi tidak masalah, dua kalimat yang sudah Anda baca sudah berhasil menjadi kalimat pembuka pada artikel ini.

Program Prakerja bantuan pemerintah

Dampak yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 merebak kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Tak ayal, banyak sekali masyarakat yang kehilangan pekerjaannya, baik yang menjadi korban PHK maupun harus kehilangin bisnis pribadinya.

Terlepas dari dampak yang ditimbulkan oleh pandemi, kita sebagai masyarakat Indonesia patut mengapresiasi langkah pemerintah dalam membantu perekonomian masyarakat. Bentuk bantuan salah satunya adalah berupa dana insentif yang diberikan pada program Prakerja. Bagi masyarakat yang menjadi korban PHK atau kehilangan mata pencahariannya kini dapat memperoleh bantuan tersebut. Adapun progrm prakerja ini ditujukan oleh pemerintah kepada masyarakat yang tidak memiliki ikatan dinas atau memiliki pekerjaan dibawah naungan pemerintah.

Cara mendaftar Program prakerja

Program prakerja membutuhkan beberapa dokumen yang harus dilengkapi agar dapat mendaftar dan memperoleh nomor kartu prakerja nantinya. Adapun dokumen yang harus dilengkapi berupa KTP dari calon pendaftar dan menyiapkan nomor Kartu Keluarga (KK).

Setelah dokumen tersebut disiapkan, Ikuti langkah berikut ini untuk mendaftar program prakerja agar mudah diterima dan tidak mengalami kendala.

  • Buat akun pada situs resmi prakerja.
  • Lengkapi data seperti nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir.
  • Jawablah soal yang diajukan (pada soal kategori pekerjaan, tunjukkan bahwa anda serius mengikuti program ini)
  • Klik bergabung pada gelombang yang tersedia
  • Tunggu hasil evaluasi

Tips Agar Dana Insentif Cepat Cair

Banyak peserta program prakerja yang mengeluh bahwa dana insentif mereka tidak diproses. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, peserta prakerja telah melewatkan hal-hal penting yang harus dilakukan agar dana insentif masuk ke rekening. Adapun tips yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda sudah melakukan langkah-langkah yang dianjurkan agar dana insentif cepat cair, berikut saya rangkum beberapa tips.

Disclaimer: “Tips ini hanya berlaku bagi peserta yang telah dinyatakan lulus dan telah menyelesaikan tahap pendaftaran”

  1. Pastikan Anda menggunakan nomor rekening bank atau rekening e-wallet yang telah diverifikasi
  2. Pastikan Anda sudah memperoleh nomor kartu prakerja. Karena nantinya nomor ini yang akan digunakan sebagai alat pembayaran kursus
  3. Akun email prakerja dan akun email mitra pelatihan (Tokopedia, Bukalapak, kemnaker, dll) harus menggunakan email yang sama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan validasi identitas Anda nantinya.
  4. Untuk melakukan pembelian, salin nomor kartu prakerja dan pilih salah satu mitra pelatihan
  5. Disini saya akan mencontohkan membeli kursus dari Skill Academy pada Tokopedia
  6. Klik lihat detail pada kelas yang ingin dibeli
  7. Klik beli, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran. Pada metode pembayaran, klik Lihat Semua
  8. Pilih kartu prakerja, lalu pastekan 16 digit nomor kartu prakerja Anda dan klik Bayar
  9. Perlu diingat bahwa setelah membeli kursus dengan menggunakan nomor kartu prakerja, kursus tersebut tidak langsung dapat digunakan
  10. Untuk mengikuti kursus yang telah dibeli, cek email dari Tokopedia dan salin kode voucher yang diterima pada email
  11. Buat Akun di situs skillacademy.com atau melalui aplikasi Skill Academy yang bisa Anda download di Playstore maupun Appstore. Gunakan email yang sama dengan akun email yang digunakan pada prakerja dan tokopedia
  12. Setelah berhasil login di skill academy, pastekan kode voucher yang telah disalin sebelumnya pada form yang disediakan
  13. Selamat, Anda telah berhasil membeli kursusĀ  dari skill academy dan siap mengikuti pelatihan melalui konten video yang telah disediakan
  14. Tonton semua video sampai habis dan selesaikun kuis maupun Exam yang diberikan untuk memperoleh sertifikat
  15. Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan jangan lupa memberi rating/komentar positif pada kursus yang telah diikuti.
  16. Jangan lupa ikuti webinarnya juga ya, untuk ikut serta dalam webinar Anda dapat menggunakan aplikasi zoom, pastikan juga akun zoom tersebut juga menggunakan identitas nama Anda
  17. Berikan ulasan positif pada kursus yang telah dibeli pada mitra pelatihan, disini saya diwajibkan memberikan ulasan pada Tokopedia karena membeli kelasnya melalui mitra pelatihan Tokopedia.

Setelah mengikuti tips diatas, Anda sudah berhasil melewati semua langkah-langkah penting yang harus dilakukan agar dana insentif prakerja bisa diproses. Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu dana tersebut masuk ke rekening Anda.