Untuk Wujudkan Sinergitas Program Daerah, Bupati Aceh Selatan Buka Rapat Forum Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2021

Rameune.com - March 17, 2021
Untuk Wujudkan Sinergitas Program Daerah, Bupati Aceh Selatan Buka Rapat Forum Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2021
  Rameune.com
Penulis
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – Forum Perangkat Daerah (OPD) tahun 2021, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah (OPD) tahun 2021, Senin (15/03/2021), di Aula Bappeda Aceh Selatan.

Kegiatan dihadiri para kepala SKPD dan para camat di lingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, serta turut dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat serta insan pers.

Dalam sambutannya Tgk. Amran menyampaikan bahwa tujuan konsultasi publik OPD merupakan forum pemangku kepentingan guna mendapatkan masukan terhadap rancangan awal RKPD 2022, masukan dan saran dalam forum tersebut dituangkan dalam berita acara yang menjadi dasar dalam perbaikan rancangan awal RKPD 2022, dengan mengangkat tema pembangunan RKPD 2022, “membangun masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing untuk mewujudkan kemandirian ekonomi yang inklusif”.

Beliau mengharapkan seluruh mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan pembangunan mengacu permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

Bupati juga menegaskan kepada semua kepala SKPD harus melakukan efisiensi dan efektivitas belanja dalam mengatisipasi keterbatasan penerimaan APBD, untuk mengambil langkah-langkah mendapatkan sumber pembiayaan pembangunan lain, melalui APBD provinsi, APBN maupun menggalang dukungan dari CSR perusahaan.

Perbanyak komunikasi dengan stakeholder masing-masing, bangun jaringan komunikasi, persiapkan data-data dan dokumen pendukung, serta proaktif dan disiplin dalam mengajukan usulan.

Selanjutnya tindakan proaktif mencari informasi sangat diperlukan. Jangan hanya menunggu, tapi kejar peluang dengan maksimal. Dengan demikian kendala-kendala yang kita hadapi dapat ditangani dengan efektif, dan hasil pembangunan dapat dirasakan secara nyata dan cepat oleh masyarakat yang di layani, ungkap Bupati.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar