Wujud Kepedulian, Poltas dan BUMG Gelar Baksos dan Pelatihan Pengolahan Eceng Gondok Menjadi Pupuk Organik

Rameune.com - 31 May 2021
Wujud Kepedulian, Poltas dan BUMG Gelar Baksos dan Pelatihan Pengolahan Eceng Gondok Menjadi Pupuk Organik
  Rameune.com
Bagikan:

Rameune.com, Aceh Selatan – BUMG Bersama Sepakat Mandiri Sejahtera Kecamatan Kluet Utara dan Politeknik Aceh Selatan Menggelar Bakti Sosial dan Pelatihan Pengolahan Eceng Gondok Menjadi Pupuk Organik di Kemukiman Kuala Ba’u, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan, Senin (31/05/2021).

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan Bakti Sosial menjadi salah satu solusi permasalahan gulma eceng gondok.

Gulma ini sangat meresahkan warga, sehingga berakibat kepada terganggunya mata pencaharian nelayan yang secara turun temurun yang telah memanfaatkan sungai sebagai sumber mata pencaharian masyarakat setempat. Lanjut Tgk. Amran, disamping memberikan manfaat ganda, dapat membersihkan gulma dan enceng gondok tersebut menjadi pupuk organik. Artinya dapat menjadi solusi kelangkaan pupuk yang sering terjadi dikalangan petani. Jelasnya.

Baca Juga:  Bantu Keluarga Muallaf, Mahasiswa Labuhanhaji Barat Galang Dana

Tgk. Amran mengaku sangat bangga sekali dengan kehadiran Poltas yang selalu memberi solusi dan inovasi di tengah-tengah masyarakat. Secara kualitas pun, saat ini kampus kebanggaan masyarakat Aceh Selatan ini telah meraih akreditasi Baik, ungkap Amran. Oleh sebab itu, dengan bangga Tgk. Amran mengajak masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di kampus yang baru-baru ini dikenal dengan produk cinderamata terpopuler nasional yaitu rencong batu.

Baca Juga:  Dengan HKN Ke 56, Tgk Amran Menyerahkan 12 Unit Ambulance Untuk Puskesmas

Selanjutnya Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc mengaku gembira sekali melihat antusiasme masyarakat serta dukungan pemerintah, khususnya Pemkab Aceh Selatan.

“Kehadiran bapak Bupati beserta rombongan mendatangkan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, solidaritas, serta kepekaan sosial yang tinggi bagi mahasiswa. Apalagi bapak Bupati langsung mencontohkan dengan turun langsung memanen tanaman eceng gondok di dalam sungai dan menghancurkannya menggunakan alat perajang mekanis”, kata Dr. Yasar.

Baca Juga:  Haji Uma Perbaiki Jalan Rusak Di Panton Labu Yang Sempat Ditanam Pohon Pisang Oleh Warga, Dapat Apresiasi Dari Warga Dan Yara Aceh

Turut hadir dalam acara tersebut DPRK IV Kluet Raya, DLHK, Kadis Perikanan dan Kelautan, BPBD, Disperindagkop dan UKM, , Tgk. Abrar Muda, Camat Kluet Utara, Mukim, Dosen Poltas, Keuchik se-Kecamatan Kluet Utara, Awak media, Tokoh masyarakat dan Mahasiswa.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar